Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi IPA Siswa SMP

Rusmia Dewi, I Putu Artayasa, Muhamad Yamin

Abstract

Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dapat merupakan kontribusi dari bagaimana cara siswa mempersiapkan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kontribusi dariĀ  kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian merupakan kuantitatif ex-post facto dengan subyek penelitian siswa kelas VII di SMPN 16 Mataram. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik Random Sampling, dengan cara undian dan berdasarkan pedoman Isaac dan Michael dari jumlah populasi 113 siswa, diperoleh sampel sebanyak 84 siswa. Data penelitian berupa skor kebiasaan belajar dan hasil tes siswa. Data kebiasaan belajar diperoleh melalui penyebaran angket. Data di analisis dengan korelasi Product Moment Pearson dan dilanjutkan dengan menghitung koefisien korelasi untuk menunjukkan besarnya kontribusi kebeiasaan belajar terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan hasil belajar dan kontribusi kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA siswa sebesar 40,56%.

Kata Kunci: IPA; kebiasaan belajar; hasil belajar IPA SMP

Keywords

IPA; kebiasaan belajar; hasil belajar IPA SMP

Full Text:

PDF

References

Retnowati, F. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(3), 197-205.

Auron, d. (2006). Hubungan Kebiasaan Belajar Matematika Siswa dengan Hasil Belajar Di SMA Negeri 2 Ciputat. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultaas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Jakarta: Universitas Islam Negeri.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahayu, M. M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Elementary Education, 4(1), 39-45.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Richie. (2019). Mobile Statistik, Research and Consulting, diaskes dari http//:www.mobileestatic.com.

Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayati, A. K. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Piyungan. BASIC EDUCATION, 5(30), 2-895.

Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1(1).

Mulyatiningsih, R. (2004). Bimbingan Pribadi-Sosial, Belajar, dan Karier. Jakarta: Gramedia

Suparno, A.Suhaenah. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sakaroni. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Mataram.

Hadiprayitno, G., & Khair, B. N. (2018). Pemantapan Kemampuan Mengajar Berbasis Lesson Study Di Program Magister Pendidikan Ipa Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 68-75.

Wulaningsih, W. (2012). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Siswa Kelas Xi Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(3).

Yulianti, R., Muntari, M., & Haris, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) dengan pendekatan brain-based learning terhadap hasil belajar kimia materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur pada siswa kelas x sman 1 kediri. Jurnal pijar MIPA, 10(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.