Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mata Pelajaran Lintas Minat

Mohammad Liwa Ilhamdi, Didik Santoso, Sri Prapti Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X IPS Unggulan  tahun 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).  Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah metode problem based learning sedangkan variabel harapannya adalah hasil belajar biologi.  Subyek  dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS Unggulan MAN 2 Mataram berjumlah 37 orang. Penelitian berlangsung 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah  lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I  kegiatan  pembelajaran problem based learning yang dilakukan guru memperoleh skor 12 kategori cukup baik, aktivitas siswa kategori cukup aktif sedangkan ketuntasan belajar klasikal 78,3% kategori belum memenuhi KKM. Pada siklus ke II skor kegiatan  guru memperoleh skor 17  kategori baik, aktivitas siswa memperoleh skor 13 kategori aktif dan ketuntasan klasikal 86%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X IPS Unggulan MAN 2 Mataram tahun pelajaran 2018-2019.

Keywords

Metode problem based learning, hasil belajar, Biologi

Full Text:

PDF

References

Sanjaya Wina. 2005. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan . Jakarta: Kencana Media Group

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Ilhamdi, M. L., & Mertha, I. G. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dalam Pembelajaran Biologi Umum. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 20-26.

Ilhamdi, M. L. (2012). Model Pembelajaran Berbasis Peta Konsep Dan Handout Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas I SMPN 4 Lingsar Lombok Barat. Jurnal PIJAR, 2(1).

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: teori dan praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Utomo, T., W., Dwi., dan H. Slameto. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumber Malang Kabupaten Sitobondo Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal edukasi Unej 1 (1).

Subandiyah, D. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Edukasi 2 (1).

Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan strategi kooperatif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah dan hasil belajar kognitif biologi ditinjau dari kemampuan akademik awal siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 8(2).

Wahyuni, D., S., Suciati., dan Sugiyarto. 2016, Efektivitas Impelementasi Pembelajaran Model Problem Based Learning Dintegrasikan dengan Predict-Observe-Explain Terhadap Prestasi Belajar Sisw ditinjau Dari Kreativitas dan Kemampuan Infrensi Siswa. Jurnal Bioedukasi 7 (1). (Online):, Diakses 2 Oktober 2018.

Jufri, A. W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas: Antara Teori Dan Praktek. Jurnal Pijar Mipa, 5(2).

Wardani, 2007. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memepengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Magdalena, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun Ajaran 2015. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 299-306).

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.