Pengembangan Instrumen Tes Model Ideation-Explanation Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah

Ahmad Busyairi, Parlindungan Sinaga

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif khusunya kreatif dalam konteks pemecahan masalah sangat dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 ini. Oleh karena itu, setiap individu hendaknya tidak hanya dibekali dengan kemampuan pemecahan masalah semata melainkan juga harus dilatihkan kemampuan berpikir kreatif agar nantinya mereka dapat menyelesaiakan permasalahan dengan cara-cara yang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dalam konteks pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D. Pengembangan model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu; pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Instrumen tes yang dikembangkan dalam penelitian ini berbentuk Ideation-Explanation (I-E model). Adapun jumlah item soal(permasalahan terbuka) terdiri atas 5 (lima) permasalahanyang masing-masing permasalahan diikuti oleh 2 (dua) buah pertanyaan.Hasil analisis data memperlihatkan bahwa semua item soal valid dengan reliabilitas 0,79 dalam kategori tinggi. Ini menunjukkan bahwa instrumentesyang sudah dikembangkan layak untuk digunakan

Keywords

Creative Thinking Ability, Problem Solving, Ideation-Explanation Model, Electric Current

References

REFERENSI

Kusuma, Y. (2010). Creative Problem Solving. Tanggerang: Rumah Pengetahuan.

Al-khatib, B. A. (2012). The Effect of Using Brainstorming Strategy In Developing Creative Problem Solving Skills Among Female Students In Princess Alia University College. American International Journal of Contemporary Research, 2 (10), 29-38. Retrieved from: https://www.aijcrnet.com/journals/Vol_2_No_10_October_2012/4.pdf

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Oder Thingking Skill in Your Classroom. Alexandria: Virginia USA.

Treffinger, D. J., Young, G.C., Selby, E.C., Shepardson, C. (2002). Assessing Creativity: A Guide for Educators. Florida: Center for Creative Learning Sarasota. Retrieved from: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED505548.pdf

Isaksen, S. G. (1995). on the conceptual foundations of creative problem solving. a response to magyary beck. Creative of Inovation Managemen, 4 (1), 1628–1635. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/227981583_On_The_Conceptual_Foundations_of_Creative_Problem_Solving_A_Response_to_Magyari-Beck

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Impelementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Indonesia

Redhana, I. W., Sya’ban, S. (2014). Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Kreatif. Seminar Nasional Riset Inovatif II, 18-25. Retrieved from:http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_813890652329.pdf

Kim, K.H. (2006). Can we trust creativity tests? A review of the torrance tests of creative thinking (TTCT). Creativity Research Journal, 18 (1), 3–14. Retrieved from: http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.587.3752&rep=rep1&type=pdf

Hidayat, S.R., Setyadin, A.H., Hermawan, Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan P., dan Samsudin, P. (2017) Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan

Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 2 (2), 157-166. Retrieved from: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/3973

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Wang, H.C, Chang, C.Y & Li, T.Y (2005). Automated Scoring for Creative Problem Solving Ability With Model Ideation - Explanation Modeling. Proceedings of The 13th International Conference On Computers In Education (ICCE2005). Retrieved from: http://www3.nccu.edu.tw/~li/Publication/pdf/icce2005.pdf

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4 (1), 27-41. Retrieved from: http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/viewFile/142/105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.