Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif

Ibrahim Ibrahim, Gunawan Gunawan, Kosim Kosim

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan validitas perangkat pembelajaran fisika  berbasis model discovery dengan pendekatan konflik kognitif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan dalam pengembangan perangkat pembelajaran fisika model discovery dengan pendekatan konflik kognitif mengacu pada langkah-langkah pengembangan 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Perangkat pembelajaran fisika berbasis model discovery dengan pendekatan konflik kognitif yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, LKPD, handout, dan instrumen evaluasi. Jurnal ini hanya fokus pada validitas isi dan kontruk yang divalidasi oleh ahli. Berdasarkan hasil analisis validitas menggunakan indeks Aiken dan analisis reliabilitas menggunakan percentage agreement didapatkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis model discovery dengan pendekatan konflik kognitif yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan reliabel.

Keywords

Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning, Pendekatan Konflik Kognitif, Validitas

Full Text:

PDF

References

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 56-70.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Blank, W. E. 1982. Handbook for developing competency-based training programs. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Hariawan, H., Kamaluddin, K., & Wahyono, U. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(2), 48-54.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2017). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1-13.

Sugiarto, E., Hartono, H., & Subandowo, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Pratikum Melalui Pendekatan Discovery Berbasis Inkuiri dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 182-187.

Prilliza, M. D., Lestari, N., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 130-134.

Indiastuti, F. 2016. Pengembangan Perangkat Model Discovery Learning Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 41-55.

Kristianti, E. 2011. Penerapan Pendekatan Konflik Kognitif Sebagai Upaya Mengatasi Miskonsepsi Pada Siswa Kelas Viii Smp N 10 Tegal Dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Cahaya Tahun Ajaran 2010–2011 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Ismaimuza, D. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Sikap Siswa SMP. Jurnal pendidikan matematika, 4(1). 1-10.

Hewson, M. G. 1988. The ecological context of knowledge: Implications for learning science in developing countries. Journal of Curriculum Studies, 20(4), 317–326.

Stavy, R., & Berkovitz, B. 1980. Cognitive conflict as a basis for teaching quantitative aspects of the concept of temperature. Science Education, 64, 679–692.

Lestari, P. A. S., Gunawan, G., & Kosim, K. 2019. Model Pembelajaran Discovery Dengan Pendekatan Konflik Kognitif Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 118-123.

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62.

Thiagarajan & Sivasailam. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Aiken, L. R. 1985. Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142.

Borich, G. D. 1994. Observation skills for effective teaching. New York.

Nasrah, N., Jasruddin, J., & Tawil, M. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Contexstual Teaching And Learning (CTL) Untuk Memotivasi Dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Balocci Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika-Journal of Physics Education, 5(2), 235-248.

Susanto, E., & Retnawati, H. 2016. Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189-197.

Ekantini, A., & Wilujeng, I. 2018. The Development of Science Student Worksheet Based on Education for Environmental Sustainable Development to Enhance Scientific Literacy. Universal Journal of Educational Research, 6(6), 1339-1347.

Zahroh, S. M., & Sudira, P. 2014. Pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan generik komunikasi negosiasi siswa SMK dengan metode 4-D. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3). 379-390.

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 3(1), 214-219.

Dewi, S. M., Gunawan, G., Susilawati, S., & Harjono, A. 2019. Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Generatif Berbantuan Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 162-166.

Ibrahim, I., Kosim, K., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 14-23.

Aryuntini, N., Astuti, I., & Yuliana, Y. 2018. Development of Learning Media Based on VideoScribe to Improve Writing Skill for Descriptive Text of English Language Study. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(2), 187-194.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2), 94-103.

Ihsani, N., Al Idrus, A., & Jamaludin, J. (2020). Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai-Nilai Islami Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 103-109.

Utami, S. D., Efendi, I., Dewi, I. N., Ramdani, A., & Rohyani, I. S. 2019. Validitas Perangkat Pembelajaran Etnoekologi Masyarakat Suku Sasak Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 240-247.

Sudiarman, S., Soegimin, W. W., & Susantini, E. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Topik Suhu Dan Perubahannya. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 658-671.

Ramlo, S. 2008. Validity and reliability of the force and motion conceptual evaluation. American Journal of Physics, 76(9), 882-886.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.