Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Kegiatan Praktikum Di Laboratorium

Mohammad Liwa Ilhamdi, Sukib Sukib, Jannatin Ardhuha

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan praktikum di laboratorium PMIPA FKIP Universitas Mataram tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PMIPA FKIP Universitas Mataram berjumlah 703 orang. Tehnik pengambilan sampel adalah proporsional stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner skala linkert. Data dianalisis menggunakan analisis persentase tingkat kesulitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam kategori cukup sulit adalah  mahasiswa tidak nyaman melakukan kegiatan praktikum karena ruang laboratorium panas( 60%), tingkat kehadiran dosen yang rendah (58%) dan  kekurangan alat praktikum (55%)  Sedangkan kategori kurang menyulitkan adalah  hasil pretes dan postest praktikum jarang dikembalikan ke mahasiswa(32%) , kurang paham dengan penjelasan co Assisten (30%) dan laporan praktikum banyak jenisnya (29%). Kesimpulan penelitian ini adalah urutan kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan praktikum di PMIPA FKIP Unram adalah ruang praktikum yang panas, kehadiran dosen pembimbing rendah, kekurangan alat praktikum, hasil pretes dan postes tidak dikembalikan ke praktikan, kurang paham dengan penjelasan co assisten tentang materi praktikum dan terlalu banyak jenis laporan praktikum.

Keywords

Analisis, Kesulitan, praktikum, laboratorium

Full Text:

PDF

References

Darminto, (2006). Pembelajaran Kimia yang Berkualitas. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia “Chemica”, Edisi Khusus 2 Oktober 2006, Universitas Negeri Makassar.

Faika, S., & Side, S. (2013). Analisis kesulitan mahasiswa dalam perkuliahan dan praktikum kimia dasar di jurusan kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 12(2), 18-26.

Siregar, W. Z. (2015). Kampus, Masyarakat Dan Perubahan: Aku Dan Pengalaman Belajar Bersama Sile/Lld Project.

Ulfah, A. (2018). Pengaruh Aspek Komunikasi Efektif Petugas Laboratorium terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. Skripsi. Program Studi D-IV Analis Kesehatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi (Doctoral dissertation, Universitas Setia Budi Surakarta).

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta.

Simamora, B. (2002). Panduan riset perilaku konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Hidayati, F. 2010. Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam Mempelajari Aljabar. Yogyakarta: UNY Press.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar. Deepublish.

Khaerunnisa, B. S., Kusmiyati, K., & Ilhamdi, M. L. (2019). Analisis Tingkat Kesulitan Yang Dialami Peserta Didik Dalam Praktikum Biologi di SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(1), 23-28.

Ilhamdi, M. L., Santoso, D., & Astuti, S. P. (2020). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mata Pelajaran Lintas Minat. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 135-139.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.