Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA

Ilfa Irawati, Mohammad Liwa Ilhamdi, Nasruddin Nasruddin

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 9 Mataram. Jenis penelitian ini adalah  ex post facto dengan desain penelitian kausal komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket  tertutup untuk variabel gaya belajar dan dokumentasi untuk mengumpulkan data hasil belajar. Subjek penelitian sebanyak 70 responden yaitu siswa kelas IV SDN 9 Mataram yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Data  dianalisis menggunakan statistik  deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan gaya belajar siswa kelas IV SDN 9 Mataram lebih cenderung memiliki gaya belajar visual dengan jumlah 33 siswa, persentase sebesar 47.14% yang termasuk dalam kategori cukup. Hasil belajar IPA siswa yang dilihat dari nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) menunjukkan bahwa sebagian besar hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA berada pada kategori sedang yaitu dicapai oleh 32 siswa dengan persentase 45.72%. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4.288 > 1.995. Apabila dilihat dari nilai signifikansinya yaitu sig. 0.000 < 0.05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 9 Mataram. Gaya belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 21.2%.

 

Keywords

Gaya belajar, hasil belajar siswa, IPA

References

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Subini, Nini. 2017. Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Yogyakarta: Javalitera.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Sofyan. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lestari, Karunia Eka, dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: ALFABETA.

Dimyati, dan Mudjiono. 2015. Belajar &Pembelajaran. Jakarta: PT.RINEKA CIPTA.

Suyono, Akhmad. 2018. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6 (1). 1-10.

Khoeron, Ibnu R, Nana Sumarna dan Tatang Permana. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif.Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2).291-297.

Rahman, Aisyah A., Susi Yanti. 2016. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, IV (2), 1-6.

Nurhasanah. 2016. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Yapis Manokwari.Prosiding Seminar Nasional, 02 (1), 173-182.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.