Pendekatan Etnosains dalam Pelajaran Kimia Untuk Pembentukan Karakter Siswa: Tanggapan Guru Kimia di NTB

Yayuk Andayani, Yunita Arian Sani Anwar, Saprizal Hadisaputra

Abstract

Pembelajaran saat ini mengutamakan terwujudnya karakter yang baik pada peserta didik. Penggunaan etnosains sebagai pendekatan diharapkan mampu mewujudkan hal tersebut. Namun, hingga saat ini pendekatan etnosains belum banyak dilakukan dalam pembelajaran kimia. Sebagai upaya mengembangkan model pembelajaran kimia berbasis etnosains perlu dilakukan penelitian terkait tanggapan guru kimia selaku praktisi terhadap pendekatan etnosains dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melibatkan 113 guru kimia sebagai responden. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner yang berisi pernyataa terkait pembelajaran kimia dan pendekatan etnosains. Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar guru belum menggunakan pendekatan etnosains dalam pelaksanaan pembelajaran kimia baik pembelajaran di kelas maupun di laboratorium. Pembelajaran kimia dengan pendekatan etnosains perlu dikembangkan untuk dapat membangun karakter siswa. Perlu dikembangkan model pembelajaran dan modul pembelajaran dengan memasukkan unsur budaya dan sesuai dengan kurikulum 2013 agar siswa lebih memahami konsep kimia dan mengenal budaya sekitar sehingga mengubah persepsi siswa bahwa kimia dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Keywords

Etnosains, pembelajaran kimia, karakter siswa

Full Text:

PDF

References

McElmeel, S.L. (2002). Character education: a book guide of teachers, librarians, and parents. Greenwood Village, Co: Teacher Ideas Press.

Pala, A. (2011). The need for character education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 3(2), 23-32.

Agboola, A., & Tsai, K.C. (2012). Bring character education into classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163-170.

Bialik, M., Bogan, M., Fadel, C., & Horvathova, M. (2015). Character education for the 21 st century: what should students learn. Center for Curriculum Redesign: Massachusetts.

Bajovic, M., Rizzo, K., & Engmann, J. (2009). Character education re-conceptualized for practical implementation. Canadian Journal of Educational Administration and Policy, 92, 1-23.

Ghamrawi, N.A.R., Ghamrawi, N., & Shal, T. (2015). Perception of character education: the case of Lebanese school leaders. Open Journal of Leadership, 4, 129-142.

Ibe, E., & Nwosu, A.A. (2017). Effects of Ethnoscience and traditional laboratory practical on science process skills acquisition of secondary school biology students in Nigeria. British Journal of Multidisciplinary and Advanced Studies, 1(1), 35-46.

Parmin. (2017). Ethosains. Semarang: Swadaya Manunggal.

Rist, S., & Dahdouh-Guebas, F. (2006). Ethosciences-a step towards the integration of scientific and indigenous forms of knowledge in the management of natural resources for the future. Environ Dev Sustain, 8, 467-493. doi: 10.1007/s10668-006-9050-7.

Wellington, J.J. (1996). Methods and Issues in Educational Reaserch. London: Impact Graphics.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.