THINK PAIR SHARE: HASIL BELAJAR IPA DAN KERJASAMA SISWA

Ana Susanti, Astuti Wijayanti

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banguntapan Bantul tahun pelajaran 2016/2017 ditinjau dari kerjasama siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik angket. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 30 soal dan instrumen angket berupa pernyataan yang berjumlah 20 butir. Hasil penelitian diperoleh Fhitung = 8,770 dengan p = 0,005 dan rerata hasil belajar sebesar 20,72 dan rerata hasil angket sebesar 80,84. Berdasarkan rerata hasil belajar dan hasil angket, maka ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII ditinjau dari kerjasama siswa.

 

Kata Kunci: TPS, IPA, dan kerjasama

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v12i2.341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed By

 

Creative Commons License

Jurnal Pijar MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.