EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DITINJUAU DARI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Tias Ernawati, Dita Setyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) perbedaan hasil belajar IPA siswa kelompok keterampilan berkomunikasi tinggi dan rendah, (3) interaksi strategi pembelajaran dan keterampilan berkomunikasi terhadap hasil belajar IPA, (4) efektifitas strategi pembelajaran active learning tipe Index Card Match. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP N 4 Sewon tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik angket, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan, (1) ada perbedaan hasil belajar IPA yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan FA hitung = 44,318 dan p=0,000, (2) ada perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar IPA pada keterampilan berkomunikasi tinggi dan rendah dengan FB hitung = 259,557 dan p=0,000, (3) ada interaksi yang sangat signifikan antara strategi pembelajaran dan keterampilan berkomunikasi terhadap hasil belajar IPA pada FAB hitung = 7,064 dan p=0,010, (4) rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol sehingga strategi pembelajaran active learning tipe Index Card Match lebih efektif.


Keywords


active learning, index card match, keterampilan berkomunikasi

Full Text:

PDF

References


Asmadi, S. H., & Kamila, Y. (2013). Peningkatan Prestasi Belajar Koloid Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Pada Siswa SMAN 2 Siak Hulu-Riau. Jurnal Pendidikan, 2(2).

Dono, I. O. (2016). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Negeri 2 Menganti Gresik. Jurnal BK UNESA, 6(3).

Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dan Strategi Kooperatif Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Awal Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 8(2).

Rachmawati, Y., & Ernawati, T. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 45-50.

Rahmawati, A. D., Rosyidi, A., & Probosari, R. M. (2011). Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Ditinjau dari Motivasi. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 27-40.

Saifuddin, A. 2013. Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Starndar Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media.

Situmorang, P. C., & Hasanah, U. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Card Sort pada Materi Organisasi Kehidupan. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2).

Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v13i2.753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Indexed By


                                 

Creative Commons License

Jurnal Pijar MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Jurnal Pijar MIPA Stats

View My Stats