ANALISIS KADAR KARBON DIOKSIDA DI SUNGAI AMPENAN LOMBOK

Syarifa Wahidah Al Idrus

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang analisis kadar CO2 pada sungai Ampenan di Kota Mataram, Lombok, Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kadar karbondioksida dalam air sungai. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel air pada 5 titik sampel pada sungai Ampenan dan satu kontrol yang diambil dari air yang secara fisik tidak mengalami pencemaran. Hasil pengamatan yang dilakukan secara fisik, sungai  Ampenan mengalami pencemaran dari segi bau, warna dan suhu. Berdasarkan  hasil analisis kadar CO2 diperoleh hasil pada kelima titik sampel adalah 50, 30, 15 dan  10 mg/l. Kadar CO2 pada sungai Ampenan berada dalam kategori tinggi di atas ambang batas 5-10 mg/l. Kadar karbondioksida pada sungai Ampenan tergolong tinggi karena masyarakat sekitar membuang sampah langsung ke sungai. Solusi untuk mengatasi tingginya karbondioksida adalah melakukan aerasi atau melakukan pengaturan sirkulasi air. Sirkulasi air bisa berjalan dengan baik dengan cara mengurangi sampah disekitar daerah aliran sungai Ampenan, dan diberikan sanksi tegas pada masyarakat yang membuang sampah/limbah ke aliran sungai.

Keywords

analisis kadar CO2; sungai Ampenan; Lombok

Full Text:

PDF

References

Samudro, S., Agustiningsih, D., & Sasongko, S. B. (2012). Analisis Kualitas Air dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Blukar Kabupaten Kendal. Jurnal Presipitasi: Media Komunikasi dan Pengembangan Teknik Lingkungan, 9(2), 64-71.

Said, I., Jalaluddin, M. N., Upe, A., & Wahab, A. W. (2012). Penetapan konsentrasi logam berat krom dan timbal dalam sedimen estuaria Sungai Matangpondo Palu. CHEMICA, 10(2), 40-47.

Harahap, A., & Santi, D. N. (2013). Analisis Kualitas Air Sungai Akibat Pencemaran Tempat Pembuangan Akhir Sampah Batu Bola dan Karakteristik Sertakeluhan Kesehatan Pengguna Air Sungai Batang Ayumi di Kota Padangsidimpuan Tahun 2012. Lingkungan dan Keselamatan Kerja, 2(2).

Mahyudin, M., Soemarno, S., & Prayogo, T. B. (2015). Analisis Kualitas Air Dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Metro di Kota Kepanjen Kabupaten Malang. Indonesian Journal of Environment and Sustainable Development, 6(2).

Kusumaningtyas, D. I., & Purnama, P. (2017). Analisa Kadar Fosfat (P-Po4) Di Perairan Sungai Citarum Dan Anak Sungainya Dengan Metode Asam Askorbat. Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan, 15(1), 23-29.

Pitayati, P. A., & Dahlan, M. H. (2017). Analisis Kualitas Air Sungai dan Air Limbah (Outlet) Perusahaan dengan Metode Indeks Pencemaran dan Pengaruhnya terhadap Populasi dan Jenis Ikan. Jurnal Penelitian Sains, 19(2).

Rahmaningsih, S. (2018). Hama & Penyakit Ikan. Deepublish.

Effendi, H.2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Peraiaran. Penerbit: Kanisius. Yogyakarta.

Barus, T. A. (2004). Pengantar limnologi studi tentang ekosistem air daratan. Uni-versitas Sumatera Utara Press. Medan.

Octasari, Z., Hasnunidah, N., & Marpaung, R. R. T. (2018). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Pencemaran Lingkungan dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI). Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(1).

Tresna, S. (1991). Pencemaran lingkungan. cetakan pertama, Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Hidayah, S. N., Widyorini, N., & Purnomo, P. W. (2017). Analisis Kesuburan Perairan Waduk Jatibarang Berdasarkan Distribusi Dan Kelimpahan Bakteri Heterotrofik. Management of Aquatic Resources Journal, 5(4), 443-452.

Agustiari, A. M., Saputra, S. W., & Solichin, A. (2018). Beberapa Aspek Biologi Ikan Swanggi (Priacanthus Tayenus) Yang Didaratkan Di Ppp Tawang Kabupaten Kendal. Management of Aquatic Resources Journal, 6(1), 33-42.

Nurhayati, A., & Herawati, T. (2018). Analisis Faktor Adopsi Inovasi Perikanan Budidaya Karamba Jaring Apung di Waduk Cirata Analysis of Innovation Adoption Factors of Floating Net Cage Aquaculture in Cirata Reservoir. Jurnal Penyuluhan, 14(2).

Al Idrus, S. W. (2015). Analisis pencemaran air menggunakan metode sederhana pada Sungai Jangkuk, Kekalik dan Sekarbela Kota Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 10(2).

Al Idrus, S. W. (2013). Pencemaran Udara Akibat Pengolahan Batu Kapur Di Dusun Open Desa Mangkung Praya Barat. Jurnal Pijar Mipa, 8(2).

Fatmalia, E. (2018). Analisis Cacing Sutera (Tubifex Tubifex) Sebagai Bioindikator Pencemaran Air Sungai Gorong Lombok Tengah. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 132-136.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.