Pengaruh Model Pembelajaran Core Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI MAN Lombok Barat

Mukarramah Mukarramah, Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Ahmad Harjono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik kelas XI MAN Lombok Barat. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA MAN Lombok Barat dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Terdapat dua sampel yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran CORE, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Data penguasaan konsep diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda beralasan berjumlah 25 soal dan dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Hipotesis penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,355 > 2,021) pada taraf signifikan 5% yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CORE terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik kelas XI MAN Lombok Barat.

Keywords

Model Pembelajaran CORE; Penguasaan Konsep

References

Bahri, A., Kadaritna, N., & Efkar, T. 2014. Evektifitas Pembelajaran CORE dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Kelarutan dan KSP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, III (2): 1-11.

Budiyanto, M.A.K. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press.

Calfee, R.C. & Miller, R.G. 2004. Making Thinking Visible: A Method to Encourage Science Writing in Upper Elementary Grades. National Science Teachers Association. University of California, Riverside, 42 (3): 20-25

Gunawan, Harjono A., Sahidu H., & Sutrio. 2011. Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Fisika dan Implikasinya pada Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Pijar MIPA, IX (1): 15-19.

Hidayat, Y.M., Lesmanawati, R.I., & Maknun, D. 2014. Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem di Kelas X SMAN 1 Ciwaringin. Scientiae Educatia, III (2): 111-124.

Humaira, F.A., Suherman, & Jazwinarti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran CORE pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 9 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, III (1): 31-37.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, I (3): 221-225.

Krathwohl, D.R. & Anderson, L.W. 2015. Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Latifa, B.R.A, Verawati, N.N.S.P., & Harjono, A. 2017. Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. III (1): 61-67).

Muizaddin, R. & Santoso, B. 2016. Model Pembelajaran CORE sebagai Sarana dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, I (1): 235-243.

Shoimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, & Sahidu, H. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, II (2): 73-79.

Surapranata, S. 2004. Panduan Penulisan Soal-Soal. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara: Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.