PGSD UNTUK NEGERI: MENJAGA ASA MELALUI TENDA PEPRUSTAKAAN (TEPUS)

Ida Ermiana, Enik Setiyawati, Itsna Oktaviyanti, Baiq Niswatul Khair, Muhammad Tahir, Irawan Zain

Abstract

Tujuan d­alam kegiatan ini yaitu 1) sebagai bentuk aksi dan kontribusi nyata tridharma PT mahasiswa dan dosen PGSD untuk masyarakat yang terkena bencana; 2) Meringankan beban anak-anak korban gemba bumi yang kehilangan tempat belajar dan perlengkapan belajar termasuk buku; 3) meningkatkan kesadaran masyarakat terutama anak-anak akan pentingnya budaya membaca. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode koordinasi untuk mendapatkan bantuan buku dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat pembinaan SMP dan komunikasi dengan dosen PGSD UNRAM mengenai belanja buku, Koordinasi dan komunikasi dengan perangkat desa Pamenang Barat, gotong royong antara mahasiswa dalam penataan tepus, sosialisai dengan guru dan siswa di sekolah, serta komunikasi dengan anak-anak yang membutuhkan bantuan saat berkunjung ke tepus. Adapun hal yang perlu ditindaklanjuti berdasarkan hasil kegiatan yaitu: (1) pendampingan yang intensif dan kerjasama semua pihak agar kegiatan terus berlanjut; (2) perawatan dan penjagaan pada buku-buku yang sudah ada; (3) peningkatan kualitas tepus; (4) kesadaran akan pentingnya membaca; dan (5) kerjasama yang berkelanjutan antara pemerintah desa Pamenang Barat dengan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan UNRAM.

Full Text:

PDF

References

Mangnga, Alias. 2015. Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jurnal. UPBJJ-UT Makasar. 14(1).

Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Kementerian Sekertaris Negara bidang Perundang-Undangan, (Online)(http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf), diakses tanggal 3 Februari 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Jakarta: Kementerian Sekertaris Negara bidang Perundang-Undangan, (Online) (http://www.bnpb.go.id/UU_24_2007.pdf), diakses tanggal 3 Februari 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.