PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS (IOT) DALAM PEMBELAJARAN MASA ADAPTASI BARU

Ilham Syahrul Jiwandono, Ida Ermiana, Itsna Oktaviyanti, Fitri Puji Astria

Abstract

Pandemi Covid-19 menciptakan tantangan dan kebutuhan inovasi pembelajaran dengan teknologi. Oleh sebab itu, kolaborasi antara Universitas dan Sekolah dalam dunia pendidikan perlu diperkuat. Universitas Mataram memiliki tanggung jawab dalam memecahkan permasalahan tersebut. Guru sebagai ujung tombak dalam proses pembelajaran perlu diberikan keterampilan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Internet of Things (IoT) agar pembelajaran yang dilakukan dapat menarik dan menambah motivasi siswa dalam belajar.Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan Internet of Things (IoT) dalam proses pembelajaran di era adaptasi baru. Lokasi pengabdian di SDN 37 Ampenan, Kota Mataram. Sasaran dalam pengabdian ini adalah Guru SDN 37 Ampenan Kota Mataram. Metode pengabdian melalui tahap koordinasi, observasi, komunikasi, pelaksanaan dan evaluasi. Luaran yang dihasilkan dalam pengabdian ini adalah artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemahaman guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis Internet of Things (IoT) meningkat. Hal ini dibuktikan ketika tim melakukan asesmen awal pada saat sebelum dilaksanakannya pengabdian dan sesudah dilaksanakannya pengabdian. Setelah kegiatan ini dilaksanakan diharapkan guru mampu memanfaatkan Internet of Things (IoT) dalam pembelajaran dengan maksimal.

Full Text:

PDF

References

Anindita Trinura Novitasari, Indah Purnama Sari, & Zaeni Miftah. (2020). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 4(1), 66–73. Https://Doi.Org/10.37859/Jpumri.V4i1.1848

Charmonman, S., Mongkhonvanit, P., & Kim, M.-J. 2015. (2015). A Survey Of Apps For E-Learning 2015. The Twelfth International Conference On Elearning For Knowledge-Based Society.

Jiwandono, I. S., Nurhasanah, Husniati, Rosyidah, A. N. K., Anar, A. P., & Maulyda, M. A. (2020). Mengatasi Problematika COVID-19 Di Kalangan Mahasiswa : Webinar Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa Terkait Kebersihan Diri. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(3).

Lesmana, C., Hartono, H., Hartono, H., Permana, R., Permana, R., Matsun, M., & Matsun, M. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru Smp Negeri 1 Sungai Kakap. Al-Khidmah, 1(2), 61. Https://Doi.Org/10.29406/Al-Khidmah.V1i2.1216

Muhammad Amin Bakri. (2018). Studi Awal Implementasi Internet Of Things Pada Bidang Pendidikan. JREC Journal Of Electrical And Electronics, 4(1).

N.M.P Bocken, S.W Short, P Rana, And S. E. (2014). A Literature And Practice Review To Develop Sustainable Business Model Archetypes. Journal Of Cleaner Production, 42–56.

Novera Kristianti. (2019). Pengaruh Internet Of Things (Iot) Pada Education Business Model : Studi Kasus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Teknologi Informasi, 13(2).

Sari, I. P., Sari, M. N., & Miftah, Z. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi Kelebihan-Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Media Tersebut Dan Berusaha Menghindari Dalam Menghadirkan Alat Bantu Belajar Media Audio Visual Berbasis Teknologi Informasi . Media Pembe. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(02), 119–126.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.