PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENDUKUNG KESIAPAN GURU SEBAGAI ROLE MODEL KETERAMPILAN ABAD 21

Ahmad Harjono, Muh. Makhrus, L. Rudyat Telly Savalas, Dewa Ayu Citra Rasmi

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan guru-guru IPA SMP di Kota Mataram dalam mengembangkan perangkat pembelajaran IPA untuk mendukung kesiapan guru sebagai “Role Model” keterampilan abad 21. Kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran IPA tersebut adalah kemampuan dengan memperhatikan integrasi 21st Century Skills yang didasarkan pada domain knowledge, skills, attitudes, values, and ethics (KSAVE) dan yang dapat memfasilitasi empat hal, yaitu: Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C, HOTS, dan literasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa ceramah, diskusi, tanyajawab, dan workshop terkait dengan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan abad 21. Evaluasi dilakukan diakhir kegiatan dengan cara meminta tanggapan atau respon guru-guru terhadap kegiatan pelatihan yang telah dilakukan dan berdasarkan portofolio perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Secara umum kegiatan ini berlangsung dengan baik dan sesuai dengan tujuan dan peserta dapat mengembangkan perangakat pembelajaran IPA terintegrasikan keterampilan abad 21 serta dibutuhkan pembinaan dan pengembangan berkelanjutan dengan instansi terkait.

Full Text:

PDF

References

Binkley M, Erstad, O, Herman, J, Raizen, S, Ripley, M, and Rumble, M. 2012. Defining Twenty-First Century Skills. Dalam Griffin, P., Care, E., and McGaw, B. (Eds). Assessment and teaching of 1st century skills (pp. 17-66). London: Springer.

Kemdikbud. 2013. Survei Internasional PISA. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa.

Kemdikbud. 2013. Survei Internasional TIMMS.http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timms.

Makhrus, M. & Hadiprayitno, G. 2012. Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP). Volume 19, No. 2, Oktober 2012, hal. 238-243.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Superfine, A.C. 2008. Planning for mathematics instruction: a model of experienced teachers’ planning processes in the context of a reform mathematics curriculum [Versi electronic]. Jurnal of The Mathematics Educator, 18, 11–22.

Sutherland, R. 2007. Teaching for learning mathematics. USA: Mc GrawHill.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.