PENGEMBANGAN “CONTENT” GOOGLE CLASSROOM UNTUK GURU DAN MAHASISWA BAHASA INGGRIS KOTA MATARAM

I Made Sujana, Untung Waluyo, Arifuddin Arifuddin, Henny Soepriyanti

Abstract

Dalam era digitalisasi, setiap guru idealnya memiliki “rumah” bagi materi pembelajarannya masing-masing secara online. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakan (PKM) ini bertujuan untuk membekali guru dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dalam mengembangkan ‘content” pembelajaran Bahasa Inggris dalam akun Google Classroom. Khalayak sasaran strategis dari kegiatan ini adalah guru Bahasa Inggris SMP/SMA/SMK sederajat Kota Mataram dan mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris yang sedang mengembangkan penelitian Blended Learning dan mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Teaching Media. Kegiatan dilaksanakan dengan metode diskusi, praktik di kelas, dan pendampingan pengembangan yang dipandu oleh 4 orang dosen dari PS pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNRAM. Dari pelaksanaan kegiatan dapat disimpulkan antara lain (1) kegiatan PKM telah berjalan sesuai dengan perencanaan dengan melibatkan 20 orang guru dan mahasiwa dan difasilitasi oleh 4 orang tim pengabdian, (2) khalayak sasaran telah mampu mengisi konten GC mata kuliah masing-masing, dan (3) khalayak sasaran telah memiliki pengetahuan tentang pemanfaatan Google Forms dalam menunjang pembelajaran dan survei.

Full Text:

PDF

References

Banados, E. 2006. A blended-learning pedagogical model for teaching and learning EFL successfully through an online interactive multimedia environment. CALICO Journal 23/3. pp. 533-550.

Bell, K. 2015. The Teacher’s Guide to Google Classroom. Texas: Shake Up Learnig, LLC

Belmawa. 2019. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4,0. Jakarta: Direktorat Belmawa, Kemenristekdikti.

Fadel, C. 2012. What should students learn in the 21st century? accessed from https://k12.thoughtfullearning.com/FAQ/what-are-21st-century-skills on 24 January 2019

Friesen, N. 2012. Report: defining Blended Learning. Retrieved from http://learningspaces.org/papers/Defining_Blen ded_Learning_NF.pdf

GIHE. 2010. Getting Started with Blended Learning. Griffith: Griffith University

Johnson, c.P. & Marsh, D. 2014. Blended Language Learning: An Effective Solution but not Without Its Challenges. Higher Learning Researh Communication, 4(3), 23-41. http://dx.doi.org/10.18870/hlrc.v4i3.213

Kaur, M. 2013. Blended Learning- its challenges and future. Procedia: Social and Behavioural Sciences, 39, 612-617

Keeler, A. dan Miller, L. 2015. 50 Things You Can Do with Google Classroom. San Diego, CA: Dave Burgess Consulting, Ltd.

NCREL. 2003. enGauce 21st Century Skills: Lietracy in Digitas Age. Illinois: NCREL & Metiri Group. accessed on 23 January 2019 from file:///Revolusi%20Industri%204.0%20dan%2021%20Century%20Learning/engauge21st.pdf

Neumeier, P. 2005. A closer look at Blended Learning- parameter for designing a Blended Learning environment for language learning and teaching, ReCALL, 17/2, 163-178.

Singh, H. and Reed, C. 2001. A White Paper: Achieving Success with Blended Learning. Available online at www.p2paertner.co.uk

Sujana, I M., Arifuddin, Waluyo, U, & Soepriyanti, H. 2019. Workshop Pengembangan Blended Learning Berbasis Google Classroom (GC) sebagai Solusi Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Whittaker, C. 2013. Introduction. In B. Tomlinson & C. Whitaker (Eds.). Blended Learning in ELT: Course Design and Implementation. London: British Council.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.