SOSIALISASI PROTOTIPE BUKU PRAGMATIC-BASED TOEFL LISTENING
Authors
Arifuddin Arifuddin , Nurachman Hanafi , Nawawi Nawawi , Udin Udin , Eka FitrianaDOI:
10.29303/jppm.v3i4.2245Published:
2020-11-30Issue:
Vol. 3 No. 4 (2020): NovemberArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Salah satu indikator kemahiran bahasa Inggris ialah skor TOEFL. Skor TOEFL siswa SMA, mahasiswa S1 dan S2 Bahasa Inggris, dan guru bahasa Inggris, bahkan sebagian dosen bahasa Inggris rendah. Diduga kondisi ini diduga dipicu: a) keterbatasan kompetensi berbahasa Inggris dan b) kekuranginovatifan ââ¬Ëteknologiââ¬â¢ atau media belajar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan melakukan sosialisasi draf protype Buku Pragmatic-based TOEFL Listening. Kegiatan dilakukan melalui disuksi (FGD) dan penilaian draf buku. Kegiatan pengabdian kemitraan ini menghasilkan: a) Tambahan pemahaman akan komponen-komponen utama Short Conversations dalam Pre-TOEFL Listening; b) Draf prototype TOEFL Listening yng lebih reliable dan sesuai kebutuhan; dan c) Draf artikel yang dipublikasikan dalam jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan ini merupakan transfer teori pragmatic dalam Listening yang akan diterapkan dalam belajar Listening digital. Khalayak sasarannya ialah guru-guru bahasa Inggris SMK dan SMA Kabupaten Lombok Tengah dan beberapa dari Kabupaten lain di Lombok. Kegiatan ini juga melibatkan satu mahasiswa magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unversitas Mataram.References
Arifuddin & Sujana, I.M. (2004). Kecakapan berbahasan Inggris mahasiswa senior prorgram jurusan bahasa Inggris LPTK di NTB. Jurnal Penelitian Universitas Mataram, Februari 2004.
Arifuddin & Susanto. (2012). Gender-based failure to infer implicatures from TOEFL-like listening.ââ¬ÂInternational Journal of Learning and Development 2.6, 62-72. http://dx.doi.org/10.5296/ijld.v2i6.2681.
Arifuddin. (2013). Inferring implicatures from short conversations in TOEFL-like: Gender-specific and rankings of causes of failure. Unpublished Doctor Dissertation. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Arifuddin. (2018). Skor TOEFL Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris Unram. Rekapitulasi hasil Tes TOEFL tes Masuk dan Tes Hasil Kursus Program Pascasarjana Universitas Mataram. Mataram: Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris.
Barati, L., & Biria, R. (2011). The impact of first language intonational clue selection on second language comprehension. Open Journal of Modern Linguistics 1.2, 33-38. http://dx.doi.org/10.4236/ojml.2011.12005.
Bauman, N. (http://hearinglosshelp.com/blog/speech-speed-vs-understanding-what-was-said/.
Brown, J.D. (University of Hawai'i at Manoa). Authentic communication: Whyzit importan' ta teach reduced forms? Authentic Communication: Proceedings of the 5th Annual JALT Pan-SIG Conference. May 13-14, 2006. Shizuoka, Japan: Tokai University College of Marine Science. (p. 13 - 24).
Cocco, R., & Ervas, F. (2012). Gender stereotypes and figurative language comprehension. Hummana Mente Journal of Philosophical Studies 22, 43-56.
Coskun, A. T.; http://www.hltmag.co.uk/apr11/sart03.htm.
Farashayian, A., & Hu, T.K. (2012). On the relationship between pragmatic knowledge and language proficiency among Iranian male and female undergraduate EFL learners. The Southeast Asian Journal of English Language Studies 18.1, 33-46.
Goh, C., & Taib, Y. (2006). Metacognitive instruction in listening for young learners. ELT Journal 60, 222-232.
Ichsan, D. (1993). Tingkat kecakapan berbahasa Inggris mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Angkatan tahun 1987 dan tahun 1988. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Bidang Kependidikan BKS-PTN Bagian Barat ke-2. Dalam Utomo, M., Sudrajat, Sujarwo, and Sudarmanto, R.G.). (Eds.). Bandar Lampung, Lembaga Penelitian Universitas Lampung, hal. 113-125.
Nishino, T., & Watanabe, M. (2008). Communication-oriented policies versus classroom realities in Japan. TESOL Quarterly 42(1), 133-138.
Rakhmadi, A., & Nurrohmah, R. (2009). Evaluasi Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web untuk Bahasa Inggris Sesi Structure and Written Expression. Seminar Nasional Informatika 2009 (semnasIF 2009) ISSN: 1979-2328 UPN ââ¬ÂVeteranââ¬Â Yogyakarta, 23 Mei 2009.
Saukah, A. (2000). The English proficiency of the academics of the teacher training and education institutions. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 67-76.
Sujana, I.M., Syahrial, E., & Fitriana, E. (2003). Profisiensi bahasa Inggris mahasiswa S1 bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram dalam Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Jurnal Penelitian Universitas Mataram, 2(3), 14-26.
Yates, L. (2010). Pragmatic challenges for second language learners. In Trosborg A (ed.). Pragmatics across languages and cultures (pp. 287-308). Berlin/New York: Walter de Gruyter GmbH & Co. KG.
http://eltnotebook.blogspot.co.id/2007/01/teaching-colloquial-english-fruit-and.html.
http://eltnotebook.blogspot.co.id/2007/01/teaching-colloquial-english-fruit-and.html.
http://esol.britishcouncil.org/content/teachers/staff-room/teaching-articles/connected-speech-2.
http://onlineteachersuk.com/en/english-conversation/)--> Audio (Suara 010).
http://onlineteachersuk.com/en/english-conversation/.
http://reallifeglobal.com/how-english-is-really-used-colloquial-contractions-wanna-gotta-gonna/.
http://www.elementalenglish.com/connected-speech-linking-american-english-pronunciation/.
http://www.elementalenglish.com/h-deletion-connected-speech-in-english-pronunciation/.
http://www.elementalenglish.com/h-deletion-connected-speech-in-english-pronunciation/.
http://www.mezzoguild.com/how-to-improve-foreign-language-comprehension/).
License
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).