PENENTUAN DAN PERUMUSAN KOMPETENSI DASAR, TUJUAN PEMBELAJARAN DAN INDIKATOR KETERCAPAIAN KOMPETENSI DALAM K-13 VERSI REVISI
Authors
Arifuddin Arifuddin , I Made Sujana , Muhammad Amin , Eni Djuhaeni , Ahmad ZamzamDOI:
10.29303/jppm.v2i4.1491Published:
2019-11-28Issue:
Vol. 2 No. 4 (2019): NovemberArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Kegiatan workshop ââ¬ÅPenentuan dan Perumusan Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran dan Indikator Ketercapaian Kompetensi dalam K-13 versi Revisiââ¬Â telah dilaksanakan pada tanggal 14 September 2019 di Pondok Pesantren Haramain Putra Narmada pukul 08:00 ââ¬â 16:00 WITA. Kegiatan tersebut diikuti oleh 31 orang guru. Kegiatan worshop ini dilaksanakan dengan menerapkan metode pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan berupa: a) Terlaksana dengan lancar dan sesuai rencana, bahkan peserta melampui target; b) Mendapat respon yang sangat tinggi dari masyarakat luas; c) Mereka memeroleh manfaat yang tidak ternilai dari kegiatan ini; d) Timbulnya semangat yang tinggi dari peserta untuk lebih dalam memahami dan lebih intensif menyusun perangkat pembelajaran, terutama RPP K-13 Versi Revisi; e) Mereka sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, bahkan mereka mengusulkan agar kegiatan berlanjut terus. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan sukses; f) Seluruh peserta secara aktif mengikuti kegiatan serius dan memperlihatkan hasil yang sangat baik. Keberhasilan ini berkat kerja sama semua pihak, termasuk dukungan dari FKIP Universitas Mataram dan program pascasarjana Universitas Mataram; g) Tampak ada keinginan yang kuat dari peserta untuk terus melanjutkan kegiatan serupa dalam waktu yang lebih lama lagi. Tidak ditemukan hambatan yang berarti karena pihak pondok sangat kooperatif dan menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Untuk jangka pendek, perlu kegiatan pendampingan yang berlanjut dan lebih intensif, dan untuk jangka panjang diperlukan kerja sama yang lebih intensif antara FKIP dan khususnya PSMP Bahasa Inggris Universitas Mataram dengan stake holders dan sekolah dalam berbagai kegiatan.References
Absari, I.G.A..K.L.; Sudiana, I.W.; Wendra, I. 2015. Penilaian autentik guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran Menulis siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1).
Arini, N.W.; Japa, I.G.N.; & Margunayasa, I.G. 2015. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat Perencanaan, Penerapan, dan Penilaian berbasis Kurikulum 2013 di Gugus 1, 2, 3 Kecamatan Seririt. Laporan Akhir Penerapan Ipteks. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Ernawati & Safitri, R.R. 2017. Analisis Kesulitan Guru dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 49-56. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi DOI: 10.24815/jpsi.v5i2.9817 pISSN: 2338-4379 eISSN: 2615-840X.
Guntur, M.I.S; Hiltrimartin, C., & Indaryanti. 2015. Persepsi guru Matematika SMA di Kayuagung terhadap Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1).
Hasim, J. 2018. Analisis Kesulitan Guru IPS dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di SMP Negeri . GeoCivic Journal, 1(1).
Herviani & Astuti. 2018. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris Mahasiswa Magang di SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1, 2018) e-ISSN: 2654-766X.
http://www.eurekapendidikan.com/2015/02/definisi-perangkat-pembelajaran.html.
Kinasih, A.M. 2017. Problematika guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran di SD Muhammadiyah Surakarta. Skripsi yang tidak dipublikasikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Kurniawati. 2018. Analisis Kesulitan Guru IPA Biologi dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran IPA Biologi MTs Negeri Kelara Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Ningsih, N. 2012. Hambatan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 1 Sanden. Jurnal Citizenship, 1(2), 123-132.
Rahmawati, A.L. 2015. Studi komparatif pelaksanaan penilaian kompetensi Kewarganegaraan oleh Guru Pendidikan Kewarganegaraan antara Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 di SMP Negeri Se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Tesis S1, Fakultas Ilmu Sosial UNY.
Rosalinda, N. 2016. Pelaksanaan kurikulum 2013 dan kendala. http://www.kompasiana.com/naniekonomi/pelaksanaan-kurikulum-2013-dan-kendala_552fccc86ea834183f8b45f6. Dinduh, 4 -2-2016.
Rusilowati, A. 2013. Kurikulum 2013, 87 persen guru kesulitan dalam melakukan penilaian. http://unnes.ac.id/berita/87-persen-guru-kesulitan-soal-penilaian-kurikulum-2013/. Diunduh 4-2-2016. Sabtu, 14 Desember 2013 | 16:17 WIB.
NUR, A. 2015. Analisis Problematika Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Kurikulum 2013 bagi Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Pallangga. Tesis S1, FBS.
Rusindrayanti. 2015. Implementasi pendekatan Saintifik dalam mata pelajaran Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Kurikulum 2013 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Abstrak Tesis yang tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.
Rustanto, E.T. 2017. Kesiapan guru dalam mengimpementasikan Kurikulum 2013. Diakses melalui https://aomvanriest.wordpress.com/2014/10/15/kesiapan-guru-terhadap-implementasi-kurikulum-2013/#comment-45.
Setyowati; Siswandari; Octoria, D. (2014). Analisis kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran produktif Kelompok Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta. Jupe UNS, 2(3), 312-322.
Suharji. 2014. Evaluasi pelaksanaan standar penilaian jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman D. I. Yogyakarta.
Sunarpi; Amiruddin; Syafruddin; Sukadi; Setiadi, D.; Wadi, H.; Arifuddin; Hakim, A. 2014. Laporan Hasil Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kerja sama antara Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Uinversitas Mataram.
License
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).