PELATIHAN PERMAINAN MATEMATIKA DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU MI NW NURUL HARAMAIN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Arjudin Arjudin, Prayitno Sudi, Baidowi Baidowi, Harry Soeprianto

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi permasalahan kurangnya minat belajar matematika di MI (Madrasah Ibtidaiyah) NW Nurul Haramain Narmada sebagai sekolah mitra. Permainan matematika merupakan solusi yang dapat mengatasi kurangnya minat belajar matematika sehingga meningkatkan kualitas baik proses maupun hasil pembelajaran di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah tentang permainan matematika dan penerapannya dalam pembelajaran di kelas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah dilaksanakan dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang terdiri dari: (1) Diskusi terfokus FGD (Focus Group Discussion) peningkatan wawasan permainan matematika, (2) Workshop penyusunan rencana pembelajaran dengan metode permainan, dan (3) Penerapan permainan matematika dalam praktek pembelajaran dalam lingkup terbatas. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dirasakan sangat bermanfaat bagi peserta dalam hal: menambah wawasan guru-guru MI NW Nurul Haramain Narmada tentang permainan matematika, dan meningkatnya profesionalisme guru-guru MI NW Nurul Haramain Narmada dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembelajaran yang berbasis permainan matematika, serta memperkaya pengetahuan guru-guru MI NW Nurul Haramain Narmada dalam meningkatkan minat belajar siswa-siswanya terhadap pelajaran matematika. Manfaat yang diperoleh para peserta hendaknya dapat diterapkan dan disebarluaskan pada teman-teman sejawatnya terutama di kelompok kerja madrasah (KKM) dalam menunjang peningkatan pengetahuan tentang permainan matematika dan keterampilan menerapkan permainan matematika tersebut dalam pembelajaran di kelas.

Full Text:

PDF

References

Bell, F.H. 1981. Teaching and Learning Mathematics (in Secondary School). Iowa: Wm. C. Brown Company.

Hirjan. 1994. Permainan Matematika, Jilid 1. Yogyakarta: FPMIPA IKIP Yogyakarta.

Hudoyo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.

Hudoyo, H. & Sutawidjaja, A. 1997. Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Karim, Muchtar A., dkk. 1997. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Dirjen Dikti bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Mahmudi, A., Andayani, S., Hernawati, K., Setyaningrum W, dan Yuli, F. 2012. Pelatihan Pembuatan Permainan Matematika dan Simulasinya dengan Perangkat Lunak Komputer untuk Menanamkan Sikap Positif terhadap Alam Sekitar Bagi Guru Sekolah Dasar Korban Bencana Merapi. Jurnal Inotek, Volume 16, Nomor 2.

Nuraeni, Z. 2013. Permainan Anak untuk Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, dengan tema ā€¯Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik" Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, hlm. 683-690.

Semiawan, C. R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.