PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DI BIDANG TIK BAGI GURU SD NEGERI LESENG MOYO HULU

Syafruddin Syafruddin, Musahrain Musahrain, Wiwi Noviati, Ade Safitri, Riadi Suhendra

Abstract

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan sangatlah penting apalagi pandemi Covid 19 saat ini, karena  guru dihadapkan dengan pembelajaran daring yang memaksa guru untuk menguasai teknologi. Saat ini kemajuan ilmu dan teknologi sangat berjalan sangat pesat, oleh karena itu, setiap guru dapat mengambil manfaat sangat besar dari kemajuan TIK tersebut. Dengan demikian, peningkatan TIK bagi para pendidik merupakan salah satu aspek mendasar dalam menyiapkan guru yang mampu menguasai TIK untuk meningkatkan proses pendidikan di sekolah. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk peningkatan kompetensi melalui pelatihan dan pendampingan dalam bidang TIK bagi guru SD Negeri Leseng Moyo Hulu. Metode dalam penelitian ini dibagi dalam tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 6 November 2020 dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mendapatkan respon positif dari guru di SD Negeri Leseng hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan semua guru dan antusiasme guru yang luar biasa dalam mengikuti kegiatan dan juga peningkatan kompetensi guru dalam menguasai TIK khususnya software aplikasi seperti Microsof office word, Exel dan Powepoint.

Full Text:

PDF

References

Delila, S.B. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Peningkatan). Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Muallimuna. Vol.3. No.1, 49-65.

Niarsa, A. (2013). Studi Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Tik Di SD Negeri 1 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Universitas Negeri Malang.

Peningkatan Kemampuan Iptek untuk Mendukung MP3EI. Jakarta: BPP Teknologi

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2007 tentang Guru

Rivalina, R. (2014). Kompetensi teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2),165-176.

Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Refbacks

  • There are currently no refbacks.