PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH SKALA RUMAH TANGGA DI DESA PENYARING

Dwi Mardhia, Alia Wartiningsih

Abstract

Desa Penyaring merupakan desa tempat lokasi berdirinya bank Bank Sampah Samawa (BSS). Sebagai usaha yang baru berdiri, BSS memiliki beberapa permasalahan yaitu keberadaan BSS belum dikenal oleh masyarakat luas, jumlah nasabah masih sedikit dan BSS belum mampu menjangkau masyarakat akibat terkendala sarana transportasi pengangkutan sampah dan masih kurangnya tenaga kerja. Nasabah di BSS baru terdiri atas kelompok-kelompok siswa sekolah, sedangkan untuk nasabah dari kalangan masyarakat belum ada, padahal masyarakat adalah penghasil sampah dan target utama nasabah bank sampah. Masyarakat desa Penyaring sebagai masyarakat yang bermukim di sekitar lokasi BSS merupakan masyarakat potensial yang dapat dilatih dan didampingi dalam mengolah sampah rumah tangga bernilai ekonomis, mengingat masyarakat di desa tersebut belum terlayani pengangkutan sampah oleh BPM-LH, pengetahuannya tentang pengolahan sampah masih minim, secara keseluruhan masih menerapkan pola “buang dan bakar” dalam pengolahan sampah, serta belum memahami tentang pengolahan sampah skala rumah tangga. Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih dan mendampingi 30 orang ibu rumah tangga desa Penyaring dalam memilah sampah dan mengubah sampah dapur menjadi kompos dengan metode takakura. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah penyuluhan, pelatihan dan pendampingan pengolahan sampah skala rumah tangga. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan mulai Bulan Maret hingga November 2017. Hasil yang diperoleh menunjukkan masyarakat memahami dan terampil dalam mengolah sampah skala rumha tangga, keberadaan BSS mulai dikenal oleh masyarakat dan terjadi peningkatan jumlah nasabah BSS.

Full Text:

PDF

References

BPLHD Provinsi Jakarta dan URDI. 2012. Pedoman Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah. BPLHD Provinsi Jakarta dan URDI.

Munas Dwiyanto, Bambang. 2011. Model Peningkatan Partisispasi Masyarakat dan Penguatan Sinergi dalam Pengelolaan Sampah Perkotaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 12 No 2 Desember 2011: 239-256.

Rezagama, Arya dan Ganjar Samudro. 2015. Studi Optimasi Takakura dengan Penambahan Sekam dan Bekatul. Jurnal Presipitasi. Prodi Teknik Lingkungan Undip. Vol 12 No 2 September 2015, ISSN: 1907-187x

UPT Persampahan BPM-LH Kabupaten Sumbawa. 2015. Laporan Tahunan Badan Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup (BPM-LH). Badan Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa

UU No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.