WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS LESSON STUDY BAGI GURU SDN 12 AMPENAN

Lalu Hamdian Affandi, Ida Ermiana, Khairunnisa Khairunnisa, Hari Witono, I Ketut Widiada

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi guru dalam merancang pembelajaran berbasis pembelajaran inovatif melalui kegiatan lesson study. Manfaat yang bisa diambil adalah diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Output dari kegiatan ini adalah meningkatnya keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan model workshop melalui metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan kerja kelompok. Pelaksanaan kegiatan pengabdian berjalan dengan lancar dan hampir tidak ada hambatan yang berarti. Acara pengabdian dilakukan secara kolaburatif melibatkan ketua dan anggota tim dengan menyepakati waktu dan mekanisme kegiatan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan dilakukan dengan melakukan sosialisasi konsep lesson study dan pembelajaran inovatif. Pada tahap selanjutnya, tim pengabdian memberikan kesempatan kepada guru sasaran untuk bekerja secara kolaburatif menyusun RPP inovatif. Beberapa poin penting yang layak dijadikan sebagai tindak lanjut kegiatan ini adalah perlu dilakukan pendampingan terhadap guru untuk memastikan terlaksananya rencana pembelajaran yang disusun secara kolaburatif melalui kegiatan ini, perlu dilakukan pendampingan dengan durasi yang lebih lama untuk memastikan keterlaksanaan tahapan lesson study, serta diperlukan penelitian lanjutan untuk mengukur keefektifan lesson study dalam meningkatkan kompetensi guru dan perbaikan pembelajaran siswa.

Full Text:

PDF

References

Adnyana, P.B. 2007. Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Bidang Pembelajaran Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, Edisi Khusus Tahun XXXX : 491-509

Borich, G.D. 1996. Effective Teaching Methods, Third Edition. New Jersey; Prentice Hall

Dudley, P. 2015. How Lesson Study Work s and Why It Creates Excellent Learning and Teaching. In Peter Dudley (ed.). Lesson Study: Professional Learning for Our Time. p. 1-28. New York; Routledge

Husniati., Affandi, L.H., Saputra, H.H., Makki, H.M. 2016. Study Tentang Kinerja Mengajar Guru Se-Kota Mataram. Mataram; Laporan Penelitian

Marzano, R.J. 2007. The Art and Science of Teaching: A Comprehensive Framework for Effective Instruction. Alexandria, VA; ASCD

Santyasa, I.W. 2009. Implementasi Lesson Study Dalam Pembelajaran. Makalah disajikan pada “Seminar Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran bagi Guru-Guru TK, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Nusa Penida”

Saputra, H.H., Sudirman, Affandi, L.H. 2015. Pendampingan Pengelolaan Program Lesson Study Berbasis KKG di SDN 1 dan SDN 2 Kekeri. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 3(2); 91-103

Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology, Eighth Edition. Boston; Pearson Education Inc.

Sunawan, A., dan Rosilah, A. 2008. Lesson Study. Makalah disajikan pada Training of Trainers (ToT) Fasilitator KKG/MGMP Tahun 2008 di LPMP Jawa Barat

Xu, H., and Pedder, D. 2015. Lesson Study: an International Review of The Research. In Peter Dudley (ed.). Lesson Study: Professional Learning for Our Time. p. 29-58. New York; Routledge

Refbacks

  • There are currently no refbacks.