PERANAN PENDIDIKAN GENDER DAN KESEHATAN REPRODUKSI UNTUK MENCEGAH TERJADINYA PERNIKAHAN USIA DINI (PENDIDIKAN DAN PENYULUHAN PADA SISWA MTS DI KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA)

Syafruddin Syafruddin, Hamidsyukrie ZM, Hairil Wadi, Rispawati Rispawati

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diberi judul “Peranan pendidikan Gender dan Kesehatan Reproduksi untuk Mencegah Terjadinya Pernikahan Usia Dini (Pendidikan dan Penyuluhan pada siswa MTs di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara). Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang memprihatinkan tentang kecenderungan tingginya angka pernikahan usia dini dan masih rendahnya pemahaman tentang gender dan kesehatan reproduksi. Kegiatan ini dilakukan  melalui jalur pendidikan formal berupa pembelajaran model pendidikan gender dan dampak sosio-biologis dari  terjadinya pernikahan usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat adalah penyuluhan, simulasi dan metode penyelesaian masalah. Penyuluhan digunakan untuk menyampaikan konsep-konsep  pendidikan gender dan kesehatan reproduksi. Sementara metode penyelesaian masalah dilakukan agar siswa peka terhadap masalah gender dan kesehatan reproduksi sehingga siswa sadar dan berusaha mencegah  terjadinya pernikahan usia dini.

Full Text:

PDF

References


Fakih, Mansour. 2004. Analisa Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mosse, J.C. 2004. Gender & Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syafruddin, L. Sumardi, & Sukardi. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Keluarga Melalui kelompok Muslimat NW sebagai Upaya Mencegah terjadinya Perceraian pada Masyarakat Sasak Lombok. Lemlit Unram: Laporan Penelitian

Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK). 2006. Panduan Pelaksanaan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK), Jakarta. TKPK

World Bank. 2006. Membuat Pelayanan Bermanfaat bagi Masyarakat Miskin di Indonesia: Titik Fokus untuk Mencapai Keberhasilan di Lapangan. Jakarta: Kantor Perwakilan Bank Dunia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.