SOSIALISASI PENTINGNYA DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA UNTUK GURU-GURU DI PONDOK PESANTREN TGKH SYEIKH ZAINUDDIN ABDUL MADJID NW ANJANI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Amrullah Amrullah, Nawawi Nawawi, Sahuddin Sahuddin, Eny Djuhaeni

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan pendekatan berbasis tugas dengan strategi diskusi. Hal ini dipilih dengan pertimbangan kebermanfaatannya dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dilakukan oleh guru-guru Bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan Bahasa Arab di Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah se-Pondok Pesantren Syeikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur. Kegiatan ini telah dilakukan pada tanggal 20 September 2018 di MTs dan MA Syeikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur. Peserta simulasi berjumlah 30 orang guru yang berasal dari 3 mata pelajaran bahasa yaitu; ahasa Inggris, bahasa Indonesia dan Bahasa Arab. Metode kegiatan diawali dengan ceramah oleh Narasumber dengan materi strategi diskusi yaitu sebuah strategi pengembangan profesionalisme pendidik dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Kegiatan diskusi dilakukan agar siswa bisa berbagi ide tentang sebuah peristiwa atau mencari solusi dalam kelompok diskusinya. Dalam diskusi, pengajar menyampaikan tujuan diskusi agar poin diskusi menjadi gayut (relevant) dengan tujuannya. Dengan demikian, siswa tidak menghabiskan masanya hanya untuk mengobrol tentang hal-hal yang tidak gayut. Sebagai contoh, siswa bisa terlibat dalam diskusi tentang kesetujuan atau ketidaksetujuan. Dengan memberikan sosialisasi terhadap guru guru bidang studi bahasa Inggris, Indonesia, dan Arab memberikan pengalaman bagaimana pelaksanaan strategi diskusi di sekolah sehingga mampu mengembangkan profesionalisme pendidik di MTs dan MA Syeikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur.

Full Text:

PDF

References


Bygate, M. “Effects of Task repetition: Appraising the development of second language learners”. In J. Willis and D. Willis (eds.). Challenge and Change in Language Teaching. Oxford: Heinemann, 1996.

Cohen, A. D. Assessing Speaking Skills: Assessing Language Ability in the Classroom. Boston: Heinle and Heinle Publishers, 1994.

Finochiaro and Bonomo, The Functional-Notional Approach. New York: Oxford University Press, 1983.

Harmer, Jeremy. The Practice of English Language Teaching. England: Pearson Education Limited, 2001.

Krashen, S.D and Terrell, D.T. Principle and Practice in Second Language Acquisition. New Jersey: Prentice Hall, 1983.

Littlewood, W. Communicative Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press,1995.

Paulston, C. B. Teaching English as Second Language: Techniques and Procedures. New York: Wintrop Publisher, 1978.

Savignon, S. Dictation as a Measure of Communicative Competence in French as a Second Language. Philadelphia: Centre for Curriculum Development, 1983.

Valette, R. M. Modern Language Testing. New York: Harcourt Brace Jovanovich, 1977.

Widdowson H., “National-Functional Syllabuses Part IV”. In J. Alatis (ed.). Policies, Programs, Practices. Oxford: Oxford University Press, 1991.

Willis, J. A. “Flexible Framework for Task -Based Learning” In J. Willis, Challange and Change in Language Teaching. Oxford: Macmillan, 1998.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.