Analisis Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di Masa Pandemi Covid-19

Sita Fatimah Zahro', Ismono Ismono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan multirepresentasi yang terdiri dari representasi makroskopik, representasi submikroskopik, dan representasi simbolik siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Krian tahun ajaran 2020/2021 pada materi kesetimbangan kimia di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu mix methode dengan tipe embedded. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pengukuran hasil tes tulis dan hasil wawancara bebas terpimpin. Instrumen penelitian berupa 15 soal tes uraian yang memiliki validitas 0.5 hingga 0.8, reliabilitas 0.934, daya pembeda 0.5 hingga 08, dan tingkat kesukaran 0.4 hingga 0.8. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan multirepresentasi siswa pada materi kesetimbangan kimia di masa pandemi covid-19 yang dilakukan secara daring tergolong rendah dengan persentase rata-rata kemampuan representasi makroskopik, representasi submikroskopik, dan representasi simbolik siswa secara berturut-turut sebesar 35.01% dengan kategori kurang, 40.59% dengan kategori kurang, dan 50.55% dengan kategori cukup.

Kata Kunci: multirepresentasi, makroskopik, submikroskopik, simbolik, kesetimbangan kimia

Full Text:

PDF

References

Abidin, Zainal, Adeng Hudaya, dan Dinda Anjani. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” Research and Development Journal Of Education.

Adadan, Emine. 2013. “Using Multiple Representations to Promote Grade 11 Students’ Scientific Understanding of the Particle Theory of Matter.” Research in Science Education. doi: 10.1007/s11165-012-9299-9.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi).

Asmuni, Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy. doi: 10.33394/jp.v7i4.2941.

Chuenmanee, C., & Thathong, K. 2018. The Current Practice of Using Multiple Representations in Year 4 Science Classroom. AIP Publishing LLC.

Creswell, John W., dan J. David Creswell. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach.

Davidowitz, Bette, Gail Chittleborough, dan Eileen Murray. 2010. “Student-generated submicro diagrams: A useful tool for teaching and learning chemical equations and stoichiometry.” Chemistry Education Research and Practice. doi: 10.1039/c005464j.

Farida, I., I. Helsy, I. Fitriani, dan M. A. Ramdhani. 2018. “Learning Material of Chemistry in High School Using Multiple Representations.” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering.

Farida, I., L. Liliasari, W. Sopandi, dan D. H. Widyantoro. 2017. “A web-based model to enhance competency in the interconnection of multiple levels of representation for pre-service teachers.” in Ideas for 21st Century Education.

Farida, Ida, Risa Rahmawati Sunarya, Riri Aisyah, dan Imelda Helsy. 2020. “Pembelajaran Kimia Sistem Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Generasi Z.” KTI UIN Sunan Gunung Djati.

Irwansyah, F. S., I. Ramdani, dan I. Farida. 2017. “The development of an Augmented Reality (AR) technology-based learning media in metal structure concept.” in Ideas for 21st Century Education.

Jonsson, B., Waling, M., Olafsdottir, A. S., Lagstrom, H., Wergedahl, H., Olsson, C., & Hornell, A. 2017. "The Effect Of Schooling On Basic Cognition In Selected Nordic Countries." Europe's Journal of Psychology, 13(4), 645-666. Retrieved from https://doi.org/10.5964/ejop.v13i4.1339

Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Safitri, Nanda Cahaya, Euis Nursaadah, dan Imas Eva Wijayanti. 2019. “Analisis Multipel Representasi Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi.” EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan). doi: 10.30870/educhemia.v4i1.5023.

Stojanovska, Marina, Vladimir M. Petruševski, dan Bojan Šoptrajanov. 2017. “Study Of The Use Of The Three Levels Of Thinking And Representation.” Contributions, Section of Natural, Mathematical and Biotechnical Sciences. doi: 10.20903/csnmbs.masa.2014.35.1.52.

Sulistyowati, Tri, dan Sri Poedjiastoeti. 2013. “Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Intertekstual Pada Materi Reaksi Kimia Untuk Kelas X Sma Feasibility of Interactive Multimedia Based on Intertextuality in Chemical Reaction Material for X-Grade Senior High School.” Unesa Journal of Chemical Education 2(3):57–63.

Talanquer, V. 2011. "Macro, Submicro, and Symbolic: The Many Faces Of The Chemistry "Triplet"." International Journal Of Science Education, 33(2), 179-195. doi:10.1080/09500690903386435

Treagust, David, F. 2018. “The Importance of Multiple Representations for Teaching and Learning Science.” Education Research Highlights in Mathematics, Science and Technology 2018 (December, 2018):215–23.

Wulandari, I., Irwansyah, F. S., Farida, I., & Ramdhani, M. A. 2019. "Development of student’s submicroscopic representation ability on molecular geometry material using Augmented Reality (AR) media." Journal of Physics: Conference Series, 1280(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/3/032016

Wahyudi, Widi, Mahwar Qurbaniah, dan Rody Putra Sartika. 2018. “Deskripsi Kemampuan Multirepresentasi Pada Materi Laju Reaksi Siswa Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah 1 Ketapang.” AR-RAZI Jurnal Ilmiah. doi: 10.29406/arz.v6i1.987.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.