PENGEMBANGAN KEGIATAN MERONCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A

Authors

Fitriani , Ika Rachmayani , Nurhasanah

DOI:

10.29303/jmp.v5i2.10438

Published:

2025-10-16

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2025): Agustus

Articles

Downloads

How to Cite

Fitriani, Rachmayani, I., & Nurhasanah. (2025). PENGEMBANGAN KEGIATAN MERONCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(2), 137–147. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i2.10438

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kegiatan meronce dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Bintang Kecil Kota Praya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Subjek dari penelitian ini yaitu 10 anak yaitu 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa pengembangan kegiatan meronce pada tahap pengembagan I mencapai skor 61,3% dengan kriteria mulai berkembang. Pada tahap pengembangan II mencapai skor 81,3% dengan kriteria berkembang sesuai harapan, pada tahap pengembangan III yaitu mencapai skor 91,5% dengan kriteria berkembang sangat baik. Sedangkan hasil peningkatan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Bintang Kecil Kota Praya dari tahap pengembangan I mencapai skor 69%, meningkat pada tahap pengembangan II mencapai 84,5%, dan pada tahap pengembangan III mencapai 98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui langkah-langkah pengembangan yang tepat dengan pelaksanaan kegiatan meronce dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Bintang Kecil Kota Praya Tahun Ajaran 2024.

Author Biographies

Fitriani, Universitas Mataram

Ika Rachmayani, Universitas Mataram

Nurhasanah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Fitriani, Ika Rachmayani, Nurhasanah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>