PENERAPAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK IT AL FAJAR AMPENAN
DOI:
10.29303/jmp.v5i2.10443Published:
2025-10-16Issue:
Vol. 5 No. 2 (2025): AgustusArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan motivasi belajar anak usia dini melalui media video animasi di TK IT Al fajar Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Menggunakan model penelitian Kemmis dan MC Taggart, subjek penelitian adalah 20 anak di TK IT Al fajar. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar melalui video animasi mengalami peningkatan. Hasil penelitian dari pelaksanaan pra siklus mencapai 50% dalam kategori mulai berkembang, pada tahap siklus I mencapai 70% dalam kategori berkembang sesuai harapan dan pada siklus II mencapai 85% dalam kategori berkembang sangat baik dan telah mencapai indikator keberhasilan sehingga pelaksaan penelitian diberhentikan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar menggunakan video animasi dapat meningkatkan motivasi belajar di TK IT Al fajar Ampenan. Dalam meningkatkan motivasi belajar guru harus lebih kreatif sehingga dapat menarik minat belajar pada anak.
Author Biographies
Liza Surya Hayati, Universitas Mataram
Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram
Muhammad Tahir, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Liza Surya Hayati, Baik Nilawati Astini, Muhammad Tahir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).