MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK KEMALA BHAYANGKARI 01 MATARAM
DOI:
10.29303/jmp.v4i3.7905Diterbitkan:
2024-10-29Terbitan:
Vol 4 No 3 (2024): OktoberArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran berbasis masalah (PBL) sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 10 orang peserta didik kelas B1. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Metode analsis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data kualitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan 5 sintak model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yaitu orientasi masalah, menyiapkan peserta didik untuk belajar, memberikan investigasi mandiri dan kelompok, mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil untuk penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) sebagai implementasi kurikulum merdeka yang dilakukan oleh guru pada tahap pengembangan I yaitu 54% dan meningkat pada tahap pengembangan II yaitu 77%, hasil ini meningkat dikarenakan memperhatikan refleksi pada tahap pengembangan I. Hasil untuk perkembangan anak pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah(PBL) pada tahap pengembangan I yaitu 43,2% dan pada tahap pengembangan II yaitu 68,7%. Dengan hasil dari tahap pengembangan I dan tahap pengembangan II maka model pembelajaran berbasis masalah (PBL) sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram dinyakan sesuai.
Biografi Penulis
Nurlatifah Zahroh, Universitas Mataram
Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram
Abdul Kadir Jaelani, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nurlatifah Zahroh, Baik Nilawati Astini, Abdul Kadir Jaelani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).