Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tentang Sistem Gerak

Authors

Baiq Nely Widya Anggraini , Syachruddin AR Syachruddin AR , Agus Ramdani

DOI:

10.29303/jpm.v15i1.1056

Published:

2020-01-09

Issue:

Vol. 15 No. 1 (2020): Januari

Keywords:

Inkuiri, Hasil Belajar, Sistem Gerak

Articles

Downloads

How to Cite

Anggraini, B. N. W., Syachruddin AR, S. A., & Ramdani, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tentang Sistem Gerak. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 32–36. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1056

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar tentang sistem gerak pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Mataram tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Mataram tahun 2018 yang terdiri dari 11 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga terpilih kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes objektif untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji t. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen meningkat sebesar 36,6 (dari 33,4 ke 70) sedangkan hasil belajar kelas kontrol meningkat sebesar 30,7 (dari 29,25 ke 59,95). Analisis data pada skor capaian menunjukkan thitung lebih besar dibanding ttabel (2,05 > 1,99). Hal ini disebabkan karena model inkuiri memberikan peserta didik kesempatan untuk menemukan masalah, mencari jawaban dan menyimpulkannya, peserta didik belajar dengan memanfaatkan lingkungannya, dan bekerja sesuai prosedur ilmiah. Hasil analisis terhadap nilai capaian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar pada kelas yang menggunakan inkuiri dengan yang tidak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar tentang sistem gerak pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Mataram tahun 2018.

References

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategies and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills Sixth Edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Sudjana, N. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Jufri, A. W. (2013). Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Harahap, A. R., & Sinuraya, J. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X SMA Swasta Al Ulum Medan T.P 2013/2014. Jurnal Inpafi Vol. 2 No.3.

Aini, K., & Dwiningsih, K. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Hands On Minds On Activity untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Termokimia. UNESA Journal of Chemical Education Vol. 3 No.1, 99-105.

Hartana, I. A., Suarni, K., & Candiasa, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar TIK Ditinjau dari Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas VIII SMP Ganesha Denpasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol.4 Tahun 2014.

Anggareni, N., Ristiati, N., & Widiyanti, N. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 3 Tahun 2013.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol. 1 (1), 20-29.

Setiawan, B., Sunarti, T., & Astriani, D. (2016). The Applicatiion of Inquiry Learning Model to Improve "Satu Atap" Student's Learning Result at SMPN 4 Singosari Malang. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 45-50.

Agustanti, T. H. (2012). Implementasi Metode Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (1), 16-20.

Pratiwi, E. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PKN. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2732-2740.

Supasorn, S., & Lordkam, A. (2014). Enhancement of Grade 7 Student's Learning Achievement of the Matter Separation by Using Inquiry Learning Activities. Procedia - Social and Behavioral Science, 739-743.

Johnson, S. A., & Cuevas, J. (2016). The Effects of Inquiry Project Based Learning on Student Reading Motivation and Student Perceptions of Inquiry Learning Processes. Georgia Educational Researcher Vol. 13, 51-85.

Widiyastuti, L. O., Prayitno, B. A., & Ashadi. (2017). The Implementary of Inquiry Learning in Middle School in Masaran. Pancaran Pendidikan FKIP Universitas Jember, 65-72.

Magdalena, O., Mulyani, S., & VH, E. S. (2014). Pengaruh Pembelajaran Model Problem Based Learning dan Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Kreativitas Verbal pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 3 No.4, 162-169.

Ramdani, A. (2013). Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Inkuiri dengan Lesson Study Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Vol.4 No.2.

Qomaliyah, E. N., Sukib, S., & Loka, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga. Jurnal Pijar Mipa, 11(2).

Author Biographies

Baiq Nely Widya Anggraini, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram

Syachruddin AR Syachruddin AR, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram

Agus Ramdani, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).