Identifikasi Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Se Kabupaten Muaro Jambi

Authors

Desy Aryani , Astalini Astalini , Dwi Agus Kurniawan

DOI:

10.29303/jpm.v14i2.1065

Published:

2019-09-30

Issue:

Vol. 14 No. 3 (2019): September

Articles

How to Cite

Aryani, D., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Identifikasi Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Se Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 168–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1065

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui sikap siswa terhadap pelajaran IPA SMP di Kabupaten Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dan rancangan survei dengan melakukan wawancara sebagai penguat untuk data kuantitatif. Penelitian ini smelibatkan 2815 siswa sekolah menengah pertama SMP di Muaro Jambi. Menggunakan data penelitian berupa angket terdiri dari 54 butirà pernyataan yang menggunakan skala 5. Menggunakan analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dengan reduksi data, penyajian data, serta dilanjutkan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa sikap ketiga indicator sikap tersebut mendapatkan hasil Baik dan Cukup Baik dengan rincian sebagai berikut: normalitas ilmuan memiliki hasi Cukup Baik sebesar 43%, sikap terhadap penyelidikan dalam IPA dengan hasil cukup baik sebesar 53%, ketertarikan memperbanyak waktu àbelajar ilmu pengetahuan alam memiliki hasil Baik sebesar 49%

à

References

Anisa, D. N., Masykuri, M., & Yamtinah, S. (2013). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explanation) dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa pada materi asam, basa dan garam kelas VII semester 1 SMP N 1 Jaten tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 16-23.

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses sains menggunakan metode eksperimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan motivasi belajar siswa. Universitas Sebelas Maret, 51-59.

DEWI, P. S. (2017). Peta Konsep Sebagai Pendukung Pembelajaran Dalam Memahami Pengetahuan Konsep Dasar Ipa Untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 386-407.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).

Guido, R. M. D. (2013). Attitude And Motivation Towards Learning Physics. International Journal Of Engineering Research & Technology (IJERT). 2 (11), 2087.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Hasirah, H., Martawijaya, M. A., & Nurlina, N. (2017). Penerapan pembelajaran Fisika Berbasis Keingintahuan Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 28 Makassar. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 137-146.

Huda, M. K. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Smp Pada Sub Materi Asam Basa Garam Dengan Penerapan Model Discovery Learning. Pendidikan Sains, 6(02).

Kurniawan, D. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Komik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Smp Kelas Viii. Pendidikan Sains, 6(02).

Lukum, A. (2015). Evaluasi program pembelajaran IPA SMP menggunakan model countenance stake. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25-37.

Pell, A. W. (1985). Enjoyment And Attainment In Secondary School Physics. British Educational Research Journal, 11(2), 123-132.

Ningsih, R., Susantini, E., & Sugiarto, B. (2017). Pengaruh Penggunaan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Connected Terhadap Kompetensi Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Smp Negeri 2 Kelumpang Tengah. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1355-1362

Salim, M. B. (2015). Studi Komparasi Antara Eksperimen Nyata Dengan Eksperimen Simulasi Terhadap Pemahaman Fisika Pada Pokok Bahasan Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Saragih, A. H. (2008). Kompetensi minimal seorang guru dalam mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), 23-34.

Sardinah, S., & Tursinawati, T. (2018). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa dengan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. JURNAL SERAMBI ILMU, 13(2).

Santiasih, N. L., Marhaeni, A. N., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No. 1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).

Turkmen, L. (2013). In-service Turkish Elementary and science Teachersââ¬â¢ Attitudes. Science Educational International, 438-442.

Tursinawati, T. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 1(1).

Maesyarah, M., Jufri, A. W., & Kusmiyati, K. (2015). Analisis Penguasaan Konsep Dan Miskonsepsi Biologi Dengan Teknik Modifikasi Certainty Of Response Index Pada Siswa Smp Se-Kota Sumbawa Besar. Jurnal Pijar Mipa, 10(1).

Wulandari, T., & Prihandono, T. (2019). Pengembanganpocketbook Sahabat IPA Pada Materi Indra Pendengaran Dan Sistem Sonar Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 277-288.

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).