Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Media Visual pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

Ratni Ratni , Raden Apriadi

DOI:

10.29303/jpm.v14i3.1186

Published:

2019-09-30

Issue:

Vol. 14 No. 3 (2019): September

Keywords:

Meningkatkan Kemampuan Membaca, Media Visual

Articles

Downloads

How to Cite

Ratni, R., & Apriadi, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Media Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 217–223. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1186

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan media visual pada siswa kelas V SD MT Maraqittaââ¬â¢limat Tunjung Biru. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan bentuk kolaborasi. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD MT Maraqittaââ¬â¢limat Tunjung Biru yang berjumlah 13 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca dengan media visual. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SD MT Maraqittaââ¬â¢limat Tunjung Biru dari segi proses maupun hasil. Pada siklus I, siswa masih ragu berpendapat, belum berani mengangkat tangan pada ingin memberikan pendapat, bertanya, dan maju ke depan kelas membaca. Dilihat dari hasil, dibuktikan dengan nilai rata- rata pra tindakan 30.77% meningkat pada siklus I 61.54%% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 84.62%. Sedangkan hasil observasi kemampuan siswa pada siklus I sebesar 71.03%, meningkat pada siklus II 95.64%. Pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 68.72%, dan pada siklus II meningkat sebesar 70%.

References

Damayanti, R. (2016). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media audio visual pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Bulus Kabupaten Tulungagung. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media audio visual pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Bulus Kabupaten Tulungagung/Rezkyka Damayanti.

Arsyad, A. (2008). MediaPembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto. (2009). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

Asnawir, H. & Basyirudin, U. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Pres.

Darmiyati, Z. (2007). Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY Press.

Farida, R. (2008). Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohman, S. (2001). Manajemen Pembelajaran.Malang: Yanizar Group

Sadiman, A. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wulandari, C. T. R. (2010). Upaya meningkatkan kemampuan membaca melalui media gambar pada siswa tunagrahita kelas III semester II di SDLB Negeri Cangakan Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010.

Author Biographies

Ratni Ratni, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP HAMZAR Lombok Utara

hidupalah dengan menebar kebaikan

Raden Apriadi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP HAMZAR Lombok Utara

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.