Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri dipadu Advance Organizer (AO) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa
DOI:
10.29303/jpm.v14i2.1195Published:
2019-06-25Issue:
Vol. 14 No. 2 (2019): JuniKeywords:
Advance Organizer, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model inkuiri, Penguasaan Konsep, Perangkat PembelajaranArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini menyajikan hasil validasi dan ujicoba terbatas perangkat pembelajaran model inkuiri dipadu advance organizer. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari tahap define (Pendefinisian), design (Perancangan), development (Pengembangan), dan disseminate (Penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, media pembelajaran, dan instrumen tes penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Hasil validasi menunjukkan perangkat pembelajaran dalam kategori layak-sangat layak. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa respon siswa sebesar 79.95% dan guru sebesar 81.15% adalah praktis dan terbaca.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri dipadu AO layak, praktis dan terbaca dan dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa fisikaReferences
Kivunja, C. (2015). Exploring The Pedagogical Meaning and Implications of The 4Cs ââ¬ÅSuper Skillsââ¬Â For The 21st Century Through Brunerââ¬â¢s 5E Lenses of Knowledge Construction to Improve Pedagogies of The New Learning Paradigm. Creative Education, 6(02):224-239.
Gagne, R. M. (1980). Is educational technology in phase?. Educational Technology, 20(2):7-14.
Gunawan., Harjono, A., & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (1): 9-14.
Taasoobshirazi, G., & Farley, J. (2013). A Multivariate Model of Physics Problem Solving. Learning and Individual Differences, 24: 53-62.
OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-years-olds know and what they can do with what they know.
Heller, P., Keith, R., & Anderson, S. (1992). Teaching problem solving through cooperative grouping. Part 1: Group versus individual problem solving. American journal of physics, 60(7): 627-636.
Susiana, N., Yuliati, L., & Latifah, E. (2017). Analisis Pembelajaran Berdasarkan Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017, 210-214.
Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing Critical-Thinking Skills through the Collaboration of Jigsaw Model with Problem-Based Learning Model. Internasional Journal of Instruction, 1291): 1077-1094.
Huda, N., Hikmawati, H., & Kosim, K. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 14(1), 62-72.
Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., De Jong, T., Van Riesen, S. A., Kamp, E. T., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of Inquiry-Based Learning: Definitions and The Inquiry Cycle. Educational research review, 14, 47-61.
Primadani, R., Tukiran, T., & Jatmiko, B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Structured Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Fluida Statis. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(1):1235-1245.
Prahani, B.K,. Limatahu, I,. Soegimin,. Yuanita, L., & Nur, M. (2016). Effectiveness of Physics Learning Material Through Guided Inquiry Model to Improve Studentââ¬â¢s Problem Solving Skills Based on Multiple Representation. International Journal of Education and Research: 231-242.
Ausubel, D. P. (1960). Educational Psycology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Ni, L. B,. Syahada, N,. & Hasni. (2016). Advance Organizer: Cognitive Instructional Strategy. International Journal of Computer Networks and Wireless Communications (IJCNWC): 53-57.
Joyce, B., Weil, M.., & Alhoun, E. (2013). Model of Teaching. Chicago: University of Chicago Press.
Mayer, R. (2008). Learning and Instruction. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Thacker, E., & Friedman, A. (2017). Social Studies Teachersââ¬â¢ Design and Use of Inquiry Modules. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 17(3), 360-387.
Harjono, A., Gunada, I. W., Sutrio. S., & Hikmawati, H. (2018). Penerapan Advance organizer dengan Model Pembelajaran Ekspositori Berpola Lesson Study Unruk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1): 141-150.
Amanah, P. D., Harjono, A., & Gunada, I. W. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Generatif Berbantuan Scaffholding dan Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1): 84-91.
Hamdanillah, N., Harjono, A., & Susilawati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2): 119-127.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.
Ratumanan, G.T., & Laurens, T. (2011). Evaluasi Hasil Belajar Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: UNESA Univerity Press.
Trisnawati, A. A. I. A., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2017). Pengembangan Model Praktikum Berbasis Software Most Probable Number (Mp-Bsmpn) Pada Mata Kuliah Mikrobiologi Air. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 44-50.
Author Biographies
Mir'atun Nisyah, Universitas Mataram
Gunawan Gunawan, Universitas Mataram
Ahmad Harjono, Universitas Mataram
Mahesti Kusdiastuti, Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).