Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Virtual Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Alat-Alat Optik
DOI:
10.29303/jpm.v14i2.1252Published:
2019-07-02Issue:
Vol. 14 No. 2 (2019): JuniKeywords:
Problem Based Learning Model, Virtual Experiment, Concept MasteryArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang valid, praktis dan efektif. untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan mengadapasi dari model 4-D. Perangkat Pembelajaran yang dkembangkan berupa silabus, RPP, LKPD, media virtual eksperimen dan instrumen tes. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar observasi, angket respon dan tes selanjutnya dianalisis dengan teknik kuantitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran berada pada kriteria valid dan sangat valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran dikelas, (2) praktis digunakan karena hasil keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan terlaksana baik dan respon pendidik serta respon peserta didik yang positif, dan (3) efektif meningkatan penguasaan konsep peserta didik berdasarkan uji N-gain dengan skor sebesar 0,47 (kategori sedang). Jadi, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model pembelajaran berbasis masalah berbantuan virtual eksperimen valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.
References
Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. 2016. Belajar dan pembelajaran.Malang: UMM Press.
Suparno, P. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Wulandari, F. E. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Jurnal pedagogia, 5(2), 247-254.
Jian-Hua, S. & Hong, L. 2012. Explore The Effective Use of Multimedia Technology In College Physics Teaching. Energy Procedia,7,1897-1900.
Downing, K. 2010. Problem Based Learning and the development Metacognition. Asian Journal on Education and Learning, 1(2), 75-96.
Marra, R., Jonassen, D. H., Palmer, B., & Luft, S. 2014. Why problem-based learning works: Theoretical foundations. Journal on Excellence in College Teaching, 25 (3 & 4), 221-238.
Hastuti, A., Sahidu, K. & Gunawan. 2015. Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 129-135.
Hermansyah, Gunawan, & Herayanty, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. 2015. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3),221-225.
Silaban, B. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika Dan Kreativitas Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(3), 65-75.
Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children: Soucebook. Indiana: Indiana University.
Ratumanan, G.T & Laurens, T. 2011. Evaluasi Hasil Belajar Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
Arifin, Z. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Score.USA: Dept.Of Physics Indiana University.
Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality.Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.
Gunada,I.W., Sahidu, K., & Sutrio. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah unttuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46.
Susdarwati, Saranto, & Cari. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Hukum Newton Dan Penerapannya Kelas X SMAN 2 Mejayan. Jurnal Inkuiri, 5(3), 1-11.
Herayanti, L., & Habibi. 2015. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66.
Yulianti, E., Hasan, M., &Syukri, M. 2016. Peningkatan Keterampilan Generik Sains Dan Penguasaan Konsep Melalui Laboratorium Virtual Bebasis Inkuiri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 130-136.
Khamzawi. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fissika Pokok Bahasan Fluida Dinamis Untuk SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 100-108
Cengiz, T. 2010. The Effect of the Virtual Laboratory on Studentsââ¬â¢ Achievments and Attitude in Chemistry. International Online Journal of Educational Science, 2(1), 37-53
Herga, N. R., ÃÅagran, B., & Dinevski, D. (2016). Virtual Laboratory in the Role of Dynamic Visualisation for Better Understanding of Chemistry in Primary School. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(3), 593-608.
Zacharia, Z. C. 2007. Comparing And Combining Real And Virtual Experimentation: An Effort To Enhance Students' Conceptual Understanding Of Electric Circuits. Journal of Computer Assisted Learning, 23(2), 120-132.
Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., dan Sutrio. 2015. Penggunaan Multimedia Interaktif Pembelajaran Fisika dan Implikasinya pada Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Pijar MIPA, 9(1), 15-19.
Niami, K., Kosim, K., & Gunawan, G. 2018. Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 220-225.
Author Biographies
Baiq Ewik Jiniarti, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Univerisitas Mataram, Indonesia
Ahmad Harjono, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univerisitas Mataram, Indonesia
Muh Makhrus, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univerisitas Mataram, Indonesia
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).