Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dipadukan LKPD 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik
DOI:
10.29303/jpm.v14i2.1268Published:
2019-07-12Issue:
Vol. 14 No. 2 (2019): JuniKeywords:
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) 5E, Keterampilan Proses Sains,Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Pembelajaran berbasis masalah dipadukan LKPD 5E merupakan inovasi pembelajaran yang berfokus pada peserta didik (student center).Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dan interaksi pembelajaran berbasis masalah dipadukan LKPD 5E dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitain non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Mataram berjumlah 262. Sampel penelitian terdiri dari 4 (empat) kelas berjumlah 114, diambil dengan ÃÂ menggunakan tehnik sampling purposive. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains adalah lembar observasi keterlaksanaan RPP dan tes uraian. Data ÃÂ dianalisis menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran berbasis masalah dipadukan LKPD 5E berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik; (2) Kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik; (3) Ada interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dipadukan LKPD 5E dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan proses sains.References
Ergin, I., Kanli, U., Unsal, Y. 2008. An Example for the Effect of 5E Model on the Academic Success and Attitude Levels of Students: Inclined Projectile Motion. Turkish: Journal of TURKISH SCIENCE EDUCATION Vol. 5 Issue 3: 47-59. (online): http://www.tused.org, Diakses tanggal 20 Juni 2017.
Fitriyani, R., Corebima, A. D., Ibrohim. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA: Jurnal Pendidikan Sains Vol. 3 No. 4, Hal 186-200.
Gazali, A., Hidayat A., Yuliati L. 2015. Efektivitas Model Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Jurnal Pendidikan Sains Vol. 3 No. 1, ,Hal 10ââ¬â16.
Gorghiua, G., DrÃÆghicescub, L. M., Cristeac M., Petrescub A M., Gorghiud L M. 2015. Problem-Based Learning - An Efficient Learning Strategy In The Science Lessons Context: Procedia - Social and Behavioral Sciences Vol. 191 Hal 1865 ââ¬â 1870.
Hake, R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. Indiana: Indiana university.
Hartati, T. A. W., Corebima A. D., Suwono H. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dan Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Kemampuan Akademik Berbeda: Jurnal Pendidikan Sains Vol. 3 No. 1, Hal 22-30.
Haruna, N. F., Yusofb, K. M., Jamaludinc, M. Z., Hassand, S. H. A. S. 2012. Motivation in Problem based Learning Implementation: Procedia - Social and Behavioral Sciences Vol. 56, Hal 233 ââ¬â 242.
Laila S., Corebima, A. D., Abdul, G. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Script dan Kemampuan Akademik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Kelas XI SMA Di Kabupaten Maluku Tengah: Jurnal Biology Science & Education Vol. 4 No. 2, Hal 47-57.
Mamu, H. D. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik dan Interaksinya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi. Jurnal Pendidikan Sains Volume 2 Nomor 1 Halaman 1-11
Nurlina. 2014. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Peserta Didik Kelas VIIIB SMPN 1 Lappariaja Kabupaten Bone. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. Volume 3 nomor 1 Halaman 14-20.
Padila, M. J., Okey, J. R., Dilashaw, G. 1982. The Relationship Between Science Process Skill and Formal Thingking Abilities. Journal of Research in Science Teaching. Volume 20 Nomor 3 Halaman 239-246.
Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintawati, D., Nujhani, M. 2005. Strategi belajar mengajar biologi. Malang. UM press.
Said, N. A., Hustim, R., Nurlina. 2012. Peranan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tellu- Limpoe Kabupaten Sindenreng Rappang. Pendidikan fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar. Volume 2 Nomor 3.
Susilawati., Jamaluddin., Bachtiar, B. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Mataram Ditinjau Dari Kemampuan Akademik: J. Pijar MIPA, Vol. XII, No. 2, Hal 64-70.
Yew, E. H. J., Goh, K. 2016. Problem Based Learning: An Overview of Its Process and Impact on Learning: Health Professions Education Vol. 2, Hal 27-79.
Author Biographies
Hidayatussakinah Hidayatussakinah, Madrasah Tsanawiyah NW Bangle, Montong Gading, Lombok Timur/ Program Pascasarjana Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram
Jamaluddin Jamaluddin, Program Pascasarjana Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram
Dadi Setiadi, Program Pascasarjana Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).