Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit

Authors

Iftitahurrahimah Iftitahurrahimah , Yayuk Andayani , Syarifa Wahidah Al Idrus

DOI:

10.29303/jpm.v15i1.1289

Published:

2020-01-09

Issue:

Vol. 15 No. 1 (2020): Januari

Keywords:

Problem Based Learning, kemampuan komunikasi

Articles

Downloads

How to Cite

Iftitahurrahimah, I., Andayani, Y., & Al Idrus, S. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1289

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi siswa pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian quasy eksperimen menggunakan rancangan post-test only control grup design dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMAN 8 MATARAM. Kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model konvensional ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan komunikasi siswa dikumpulkan menggunakan tes tulis untuk kemampuan komunikasi tulisan, sedangkan lembar observasi untuk data kemampuan komunikasi lisan. Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi tulisan siswa di kelas eksperimen yaitu 75,15 dengan kriteria tinggi, sedangkan di kelas kontrol 57,10 dengan kriteria sedang, kemampuan komunikasi lisan siswa di kelas eksperimen yaitu 10,54 dengan kriteria sangat rendah dan di kelas kontrol yaitu 5,18 dengan kriteria sangat rendah. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi tulisan siswa materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit. Uji hipotesis menggunakan uji-t juga menunjukkan bahwa model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi lisan siswa materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit.

References

Amin, V, E. Andayani, Y. Sukib, S. 2018. Hubungan Antara Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Mataram Tahun Ajaran 2017/2018. Chemistry Education Practice. 1 (1). 1- 7.

Astuti, A. 2011. Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajara Matematika Siswa. Jurnal Formatif. 2 (2): 102- 110.

Fahmidani,Y., Andayani, Y., Purwoko, A.A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar SIswa SMA. Chemistry Education Practice. 2 (1). 1-5.

Fatimah, F. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Melalui problem Based-Learning. Jurnal Penelitian dan Evalasi Pendidikan.16 (1). 249-260.

Kurniati, D., P., Y. 2016. Modul Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Denpasar.

Paloloang, M, F,B. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 2 (1). 1- 11.

Sari, P., I. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri !5 Bandar Lampung Pada Materi Virus. Kripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ramdani, N. 2017. Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7 (3). 241- 250.

Sugiyono. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta..

Utomo, T. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sembermalang Kabuten Situbondo Tahun 2012/2013. Jurnal Edukasi UNEJ. 1 (1). 5-9.

Wasonowati, R. R. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Hukum-hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(3): 66-75.

Wulandari, B. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi.3 (2): 178-191.

Yuniarti, T. Hadi, S. 2015. Peningkatan Kemampuan Analisis Pokok Bahasan Masalah Ekonomi Dengan ModelPembelajaran Problem Bades Learning (PBL) Siswa SMA Negeri 1 Bandongan Kabupaten Magelang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Pendidikan. 10 (1). 76- 87.

Yusefni, 2015. Analisis Hubungan Ktivitas Writing to Learn dengan kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa dalam Pembelajaran Science Writing Heuristic. Bandung.

Author Biographies

Iftitahurrahimah Iftitahurrahimah, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Yayuk Andayani, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Syarifa Wahidah Al Idrus, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).