Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai-Nilai Islami Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik
DOI:
10.29303/jpm.v15i2.1326Published:
2020-03-01Issue:
Vol. 15 No. 2 (2020): MaretKeywords:
Perangkat Pembelajaran Biologi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Penguasaan Konsep Biologi, nilai-nilai Islami.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran biologi berbasis masalah yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development, Disseminate. Uji validitas perangkat pembelajaran dilakukan oleh tiga ahli pembelajaran biologi sebagai validator. Tes kepraktisan perangkat dilakukan melalui pembelajaran biologi pada peserta didik Kelas X IPA MA. Uji keefektifan perangkat melalui eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-pretest-posttest. Hasil uji coba menunjukkan bahwa skor persentase rata-rata validitas perangkat pembelajaran dari ketiga validator adalah 88,62% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan perangkat pembelajaran yang diperoleh dari tanggapan peserta didik dan pendidik adalah rata-rata 90,73% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji coba keterlaksanaan pembelajaran ÃÂ diperoleh skor rata-rata 89,59% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tes penguasaan konsep biologi di kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata 70,58% dengan kriteria tinggi, dan di kelas kontrol nilai rata-rata 34,09% dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektivitas, perangkat pembelajaran biologi terintegrasi berdasarkan nilai-nilai Islam yang dihasilkan melalui penelitian dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep biologi peserta didik di MA.
References
Sauri, S. (2010). Membangun karakter bangsa melalui pembinaan profesionalisme guru berbasis pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 1-15.
Artayasa, I P., Susilo, H., Lestari, U., & Indriwati, S. E. 2018.The Effect of Three Levels of Inquiry on the Improvement of Science Concept Understanding of Elementary School Teacher Candidates. International Journal of Instruction, 11(2), 235-248.
Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019 a). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.
Yasmin, N., Ramdani, A., & Azizah, A. (2015). Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2013/2014. Jurnal pijar MIPA, 10(2).
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019 b). Analisis Penguasaan Konsep Peserta didik yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Hadisaputra, S., Gunawan, G. & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomesand Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(7), 664-674
Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Journal of Primary Education, 1(1).
Redhana, I. W. (2012). Model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan socratik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3).
Kharida, L. A., Rusilowati, A., & Pratiknyo, K. (2009). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2).
Jonasen, D.H. and Woei Hung. (2008). All Problems are not Equal: Implications for Problem-Based Learning. The Interdisciplinary Journal of Probìlem-based Learning, 2 (2) : 6 ââ¬â 28.
Muspiroh, & Novianti. (2013). Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam. 28(3)
Winarti. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Bermuatan Integrasi Islam-Sains untuk Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan. 1(2): 54-60
Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 3(1), 78-88.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Thiagarajan., Semmel., & Sivasailam (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.
Ernawati, I., dan Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Adiminstrasi Server. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education),2(2)
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. American Educational. Research Methodology
Siswanto, R. D., Dadan, D, D., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Auditorial, Intelectually, Repetition (AIR) Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa SMK Kelas XI. Journal on Eductaion, 1(1), 66-74
Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe tgt sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).
Rinarta, I. N., Yuanita, L., & Widodo, W. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Untuk melatihkan Keterampilan proses Sains dan penguasaan Konsep Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2)
Hanif, Ibrohim, & Rohman, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inquiri Terbimbing Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan pengembangan. 1(11), 2163-2171
Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Journal of Primary Education. 1(1).
Mergendoller, J.R., Nan L. Maxwell and Yolanda Belìlisimo. 2006. The Effectiveness of Problemn Based Instruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Character-istics. The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. 1 (2) : 49ââ¬â69.
Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan strategi kooperatif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah dan hasil belajar kognitif biologi ditinjau dari kemampuan akademik awal siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 8(2).
Reta, I. K. (2012). Pengaruh model pembelajaran Berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir Kritis ditinjau dari Gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 2(1).
Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan pembelajaran ipa terpadu Dengan menggunakan model pembelajaran problem base melalui lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(1).
Author Biographies
Nurul Ihsani, Department of Chemistry, FMIPA, University of Mataram
Agil Al Idrus, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram
Jamaludin Jamaludin, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).