Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu
DOI:
10.29303/jpm.v14i3.1340Published:
2019-09-30Issue:
Vol. 14 No. 3 (2019): SeptemberKeywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Hasil BelajarArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perbedaan hasil belajar siswapada penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Guided Discovery Learningdi SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasy experimentdengan desain pre-test and post-test group design.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016.Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram.Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda serta lembar penilaian afektif dan psikomotor.Uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji-t. Hasil uji yang didapatkan adalah thitung> ttabelyaitu 4,93>1,99, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modelProblem Based Learningdengan menggunakan modelGuided Discovery Learning. Hasil belajar IPA terpadu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning.
References
Sanjaya, W. 2006.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Mudyahardjo, R.1998. Pengantar Pendidikan. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains. Diakses pada tanggal 30 Mei 2017.
Qorriââ¬â¢ah. 2011. Penggunaan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung.Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.
Sahyar, Ridwan A. Sani1, dan Tionar Malau, 2017. The Effect of Problem Based Learning (PBL) Model and Self Regulated Learning (SRL) toward Physics Problem Solving Ability (PSA) of Students at Senior High School. American Journal of Educational Research, 2017, Vol. 5, No. 3, 279-283.
Mills, J. E. dan Treagust, D. F. 2003. Engineering Education ââ¬â Is Problem Based
or Project-Based Learning The Answer?. Australasian J. of Engng. Educ., online publication 2003-04 [1-16].
Merritt, J., Lee, M. Y., Rillero, P., dan Kinach, B. M. 2017. Problem-Based Learning in Kââ¬â8 Mathematics and Science Education: A Literature Review. Interdisciplinary journal of Problem Base-Learning. Volume 11, Issue 2.
Strobel,J., and Barneveld, A.V,. 2009). When Is PBL more effective ? a Meta-synthesis of meta-analyses comparing PBL to Conventional Classroom. Interdisciplinary journal of Problem Base-Learning. Volume 3, no.1 [44-58]
Abra, A. I., Meti I., dan Riezky M. P. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi (4) No. 2: 44-52. (online): http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/view/. Diakses pada tanggal 18 Agustus 2016.
Handayani, D. F. 2015. Perbandingan Kompetensi Biologi Siswa XI MIA antara Model Pembelajaran Guided Discovery Learaning dan Problem Based Learning pada Materi Sistem Pencernaan di SMAN 1 Sungai Tarab.Jurnal Pendidikan Biologi Volume 4, Nomor 1: 97-105. (online): http://eprints.uns.ac.id/13651/1/1409-3135-1-SM.pdf. diakses pada tanggal 12 Agustus 2016.
Hanafiah, N dan Suhana, C. 2009.Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Aditama.
Carin, A. A. 1993.Teaching Modern Science Sixth Edition. New York: Macmillan Publishing Company.
Silberman. 2009. Active Learning: 101 Cara Siswa Belajar Aktif. Bandung: Nusa Media.
Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan,J. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.
Afandi, Sugiyarto, Sunarno, W. 2012.Pembelajaran Biologi Melalui Model Reciprocal Learning dan Problem BasedLearning Ditinjau Dari Kemampuan Belajardan Berpikir Kritis Mahasiswa. JurnalInkuiri. 1, 2.
Susilo., Herawati., dan Nafisah. 2012. Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa. (online): http:// journal.unnes.ac.id/sju/index.php/uses/article/download/318/367. Diakses pada tanggal 30 Mei 2017.
Author Biographies
Yuli Febrianti, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mataram
Khairuddin Khairuddin, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mataram
Muhammad Yamin, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).