Pengaruh Model Brain Based Learning Berbantuan Brain Gym Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik
DOI:
10.29303/jpm.v16i1.1397Published:
2021-01-09Issue:
Vol. 16 No. 1 (2021): Januari 2021Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian iniÃÂ bertujuanÃÂ untukÃÂ mengetahuiÃÂ pengaruh model brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan berpikir kritisÃÂ peserta didik, pengaruhÃÂ motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritisÃÂ peserta didik, dan interaksi antara model brain based learningÃÂ berbantuan brain gym ÃÂ dan motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritisÃÂ peserta didik.ÃÂ JenisÃÂ penelitianÃÂ ini adalah kuasiÃÂ eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XÃÂ MIPAÃÂ SMAN 4 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XÃÂ MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XÃÂ MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model brain based learning berbantuan brain gymÃÂ sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data diambil menggunakan tes essayÃÂ untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dan angket untuk mengetahui motivasi belajar fisika peserta didik. Hasil tes akhir kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 61,6 dan nilai rata-rata kelas kontrol 52,4. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji anava dua jalan dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; terdapat pengaruh motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; serta tidak terdapat interaksi antara model brain based learning berbantuan brain gym dan motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.References
Hidayanti, D., Asââ¬â¢ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I): 2502-6526.
Handriani, L.S., Harjono, A., & Doyan A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3): 2407-6902.
Fatmawati, H., Mardiyana., & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(9).
Kurniasih, A.W. (2010). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. University of Illinois, 2(4).
Yeritia, S., Wahyudi., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X Sman 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurrnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2): 2407-6902
Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Muthmainnah, M., Rokhmat J., & ââ¬ËArdhuha, J. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1): 2407-6902.
Ulya, I.F., Irawati. R., & Maulana. (2016). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1).
Saragih, E.A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Siswa Kelas X SMA YPPK Yos Sudarso Merauke. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. 4(1).
Sudarmini, Y., Kosim., & Hadiwijaya, A.S. (2014). Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan LKS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Jurnal Ilmu Pendidikan. 21(3).
Mufidah, L. L. N. (2014). Brain Based Learning and Teaching. Yogyakarta: Teras.
Purnama, R., Ratman., dan Solfarina. (2015). Pengaruh Mind Mapping Melalui Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di Kelas X SMA Negeri 1 Marawola. J. Akad. Kim. 4(3): 149-154.
Jensen, E. (2011). Pembelajaran Berbasis Otak Edisi Kedua. Jakarta Barat: Indeks.
Diana, S., Adiesty, F., & Mafticha E. (2017). Brain Gym (Stimulasi Perkembangan Anak Paud I). Surakarta: CV Kekata Group.
Purwanto, S., Widyaswati, R., & Nuryati. (2009). Manfaat Senam Otak (Brain Gym) dalam Mengatasi Kecemasan dan Stres Pada Anak Sekolah. Jurnal Kesehatan. 2(1): 1979-7621.
Nahdi, D.S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendah. 1(1): 2442-7470.
Sariana, N., Afiif, A & Kusyairy U. (2017). Pengaruh Penerapan Brain Gym Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(2).
Hendrayana, A.S., Thaib, D., & Rosnenty, R. (2014). Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 15 (2).
Samudera, V.M., Rokhmat, J., & Wahyudi. (2017).Pengaruh Model Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1).
Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is And Why It Counts. Insight Assessement. -: 1-28.
Khuluqiyah, K., & Arief, A. (2012). Pengaruh Penerapan Zona Alfa dengan Kegiatan Brain Gym Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat-Alat Optik di Kleas VII SMP Islam Kerembung Sidoarjo. Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1).
Herliandry, L.D., Harjono. A & ââ¬ËArdhuha, J. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X dengan Model Brain Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA). 5 (1):2460-2582.
Nugraha. A.J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education. 6(1).
Medyasari, L.T., Muhtarom., & Sugiyanti. (2017). Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Aksioma. 8(1).
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99.
Ihsan, M. S., Ramdani, A., & Hadisaputra, S. (2019). Pengembangan E-Learning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 84-87.
Haryati, E., Andayani, Y., & Al Idrus, S. W. (2019). Analisis Minat Belajar Dan Kemampuan Awal Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 128-134.
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13-19.
Author Biographies
Kadek Essy Novalianti, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas FKIP Universitas Mataram
Susilawati Susilawati, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas FKIP Universitas Mataram
Jannatin ââ¬ËArdhuha, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas FKIP Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).