Kajian Pelaksanaan Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Di Kota Mataram

Authors

Aliefman Hakim , A Wahab Jufri , Kosim Kosim , Imam Bachtiar , Syamsul Bahri

DOI:

10.29303/jpm.v15i2.1458

Published:

2020-03-01

Issue:

Vol. 15 No. 2 (2020): Maret

Keywords:

Pembelajaran IPA, Motivasi Praktikum IPA, Pelaksanaan praktikum IPA, Ketersediaan sarana prasarama penunjang praktikum, fishbone diagram.

Articles

Downloads

How to Cite

Hakim, A., Jufri, A. W., Kosim, K., Bachtiar, I., & Bahri, S. (2020). Kajian Pelaksanaan Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Di Kota Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 93–98. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1458

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap aktivitas praktikum IPA di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Mataram diantaranya adalah identifikasi tingkat motivasi guru-guru IPA SMP Negeri di Kota Mataram dalam melakukan kegiatan praktikum IPA, data pelaksanaan praktikum yang telah berlangsung dengan mengobservasi kendala yang ada termasuk kondisi sarana prasarana penunjang praktikum IPA di SMP di Kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan metode fishbone diagram (diagram tulang ikan). Pengumpulan data pada survey dijaring menggunakan angket/kuisioner dan wawancara. Jenis kuisioner pada penelitian ini adalah kuisioer tertutup dengan rating scale. populasi penelitian ini berjumlah 24 sekolah negeri. Penentuan sampel dilakukan secara random sehingga diperoleh sampel guru IPA sebanyak 15 sampel. Sampel diberikan tiga jenis angket yaitu angket motivasi praktikum, angket pelaksanaan praktikum, dan angket sarana prasarana penunjang praktikum. Motivasi guru IPA dalam melakukan kegitan praktikum termasuk kategori sedang dengan rata-rata sebesar 64 yang terbagi dalam 13.3% motivasi tinggi dan 86.7% motivasi sedang. Pelaksanaan praktikum IPA tergolong baik yaitu sebesar 80.3%. Adapun ketersediaan saran prasarana penunjang praktikum tergolong sangat baik yaitu sebesar 94.2% tersedia. Akan tetapi, berdasarkan hasil hasil uji regresi linear dengan nilai signifikansi 0.355 lebih besar dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi praktium, pelaksanaan praktikum, dan ketersediaan sarana prasarana tidak saling berhubungan.

References

HAKIM, A., & JUFRI, A. W. (2018). Natural products laboratory project: Isolation and structure elucidation of piperin from piper nigrum and andrographolide from Andrographis paniculata. Journal of Turkish Science Education, 15(4), 15-28.

Hakim, A., Kadarohman, A., & Syah, Y. M. (2016). Making a natural product chemistry course meaningful with a mini project laboratory. Journal of Chemical Education, 93(1), 193-196.

HAKðM, A., KADAROHMAN, A., & SYAH, Y. M. (2016). Effects of the natural product mini project laboratory on the students conceptual understanding. Journal of Turkish Science Education, 13(2), 27-36.

Hakim, A., Liliasari, L., Kadarohman, A., & Syah, Y. M. (2016). Improvement of student critical thinking skills with the natural product mini project laboratory learning. Indonesian Journal of Chemistry, 16(3), 322-328.

Jahro, I. S. (2009). Analisis Penerapan Metode Praktikum pada Pembelajaran Ilmu Kimia di Sekolah Menengah Atas. /, 20-26.

PERTAMA, S. M. (2006). Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Pendidikan, P. P. K. T. S., & Menengah, D. (2006). Badan Standar Nasional Pendidikan.

Salirawati, D. (2011). Materi Pelatihan Kepala Laboratorium Kimia bagi Guru-Guru Kimia Kabupaten Kulon Progo. Disampaikan di Laboratorium FMIPA UNY Yogyakarta, 1.

Hadi, A. (2009). Upaya Mengatasi Keterbatasan Pelaksanaan Praktikum Kimia di SMA/MA Melalui Pengembangan Alat Peraga Praktikum Kimia Skala Kecil Skripsi Inst. Teknol. Bandung.

Arikunto, S. (2006). Penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ningsyih, S., Junaidi, E., & Al Idrus, S. W. (2016). Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).

Zainuddin, M. (2001). Mengajar-Praktikum. PAU-PPAI Universitas Terbuka. Jakarta.

Makhrus, M., & Wahyudi, W. (2011). PENGARUH PEMBERIAN DESAIN PRA-LAB TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP HUKUM II NEWTON TENTANG GERAK. Jurnal Pijar Mipa, 6(1).

Author Biographies

Aliefman Hakim, Program Studi Magister Pendidikan IPA, FKIP Universitas Mataram

A Wahab Jufri, Program Studi Magister Pendidikan IPA, FKIP Universitas Mataram

Kosim Kosim, Program Studi Magister Pendidikan IPA, FKIP Universitas Mataram

Imam Bachtiar, Program Studi Magister Pendidikan IPA, FKIP Universitas Mataram

Syamsul Bahri, Program Studi Magister Pendidikan IPA, FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).