Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika

Authors

Rozi Saputra , Susilawati Susilawati , Ni Nyoman Sri Putu Verawati

DOI:

10.29303/jpm.v15i2.1459

Published:

2020-03-01

Issue:

Vol. 15 No. 2 (2020): Maret

Keywords:

Media simulasi PhET (physics education tehnology), hasil belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Saputra, R., Susilawati, S., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 110–115. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1459

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media simulasi PhET (physics education tehnology) terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kediri dengan jumlah 64 peserta didik, tehnik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 21 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas Kontrol sebanyak 20 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung menggunakan media simulasi PhET (Physics Education Tehnology) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Uji coba instrument tes hasil belajar telah memenuhi syarat diantaranya, uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Sehingga diperoleh sebanyak 25 soal valid dan 5 soal tidak valid dari 30 soal yang diujikan, kemudian soal tersebut diberikan saat melakukan tes awal dan tes akhir. Setelah didapatkan hasil tes akhir kedua kelas homogen dan terdistribusi normal hipotesis penelitian diujikan dengan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh hasil thitung sebesar 4,12 danà ttabel sebesar 2,02 sehingga dapat dikatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media simulasi PhET (Physics Education Technology)à terhadap hasil belajar fisika peserta didik.

References

Gunawan. 2015. Model pembelajaran sains berbasis ICT. Mataram: FKIP Universitas Mataram. Hal 3 ââ¬â 13.

Nurhayati, Fadilah, S, & Mutmainnah. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Animasi Software PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya. 4 (2), 1-7.

Yuafi, M.E.D, & Endryansyah. 2015. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran PhET (Physics Educations Technology) Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TITL Pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Elektro UNESA. 04 (02), 407-414.

Zahara, S.R, Yusrizal, & Rahwanto, A. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Komputer Berbasis Simulasi Physics Education Technology (PhET) Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 03 (01), 251-258.

Arifin, Z dan Setiyawan, A. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif Dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Kreatif. Hal 124.

Noah, Finkelstein. 2006. Higtech Tools Fot Teaching Physics Education Technology Project. Merlot Journal Of Online Learning And Teaching. 2 (3). 110-121.

Purwanto, A.E, Hendri,M & Susanti, N. 2016. Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media PhET Simulations Dengan Alat Peraga Pada Pokok Bahasn Listrik Maghnet di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. Jurnal Edu Fisika. 01 (01), 22-27.

Sugiarti. 2015. Pembelajaran Fisika Berbantuan Simulasi Phet dalam Membangun Konsep Siswa. Wahana DIDAKTIKA, Jurnal Ilmu Kependidikan. 13 (1): 1-135.

Fithriani, S.L., Halim, A & Khaldun, I. 2016. Penggunaan Meia Simulasi PhET Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Kalor Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 4 (2) : 45-52.

Rahmawati, T & Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media. Hal 36.

Khadira, L,A. Rusilowati, A, & Pratiknyo, K. 2009. Penerapan Model Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal pendidikan fisika indonesia. 5 : 83-89.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal 5.

Nanang, H dan Suhana,.C. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama. Hal 21-22.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Ketiga. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Hal 45-197.

Mubarok, M.F & Mulyaningsih, S. 2014. Penerapan Pembelajaran Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Media PhET Simulations Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 03 (1), 76-80.

Author Biographies

Rozi Saputra, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Susilawati Susilawati, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).