Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) Pada Materi Asam dan Basa

Authors

Dewi Wahyuningsih , Abdullah Abdullah , Herdini Herdini

DOI:

10.29303/jpm.v15i5.1479

Published:

2020-11-30

Issue:

Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPA

Keywords:

Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), SSCS, Asam dan Basa

Articles

Downloads

How to Cite

Wahyuningsih, D., Abdullah, A., & Herdini, H. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) Pada Materi Asam dan Basa. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 499–504. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1479

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis SSCS pada Materi Asam dan Basa. Penelitian dirancang mengacu pada desain penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi dan angket respon pengguna. Validasi dilakukan oleh 3 orang validator dan diperoleh hasil validasi pada aspek kelayakan isi, karakteristik SSCS, kebahasaan, sajian dan kegrafisan berturut-turut yaitu sebesar 92,71%, 91,67%, 96,67%, 97,22% dan 95,83% dengan kategori valid. Uji one to one dilakukan pada 6 orang peserta didik, LKPD mampu dikerjakan oleh peserta didik dengan baik, diperoleh waktu pengerjaan LKPD serta saran dan komentar peserta didik terhadap LKPD. Hasil penilaian LKPD dari sisi pengguna yaitu 20 orang peserta didik diperoleh persentase sebesar 90,45% dan penilaian oleh 2 orang guru kimia diperoleh persentase sebesar 93,42% dengan criteria sangat baik, artinya LKPD yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.

References

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Rotherham, A. J., & Willingham, D. T. (2010). 21st-centuryââ¬Â skills. American Educator, 17(1), 17-20.

Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., & Ridwan, A. (2017, August). Developing 21st century skills in chemistry classrooms: Opportunities and challenges of STEAM integration. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1868, No. 1, p. 030008). AIP Publishing LLC.

Gnaldi, M., Bacci, S., Kunze, T., & Greiff, S. (2020). Studentsââ¬â¢ complex problem solving profiles. Psychometrika, 85(2), 469-501.

Sihombing, S. N., & Marheni, M. (2012). ANALISIS KEBUTUHAN DALAM PEMBELAJARAN IPA KIMIA UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA SMP DI DKI JAKARTA. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 2(1), 119-126.

Widjajanti, E. (2008, December). Kualitas lembar kerja siswa. In Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 2-5).

Amry, U. W., Rahayu, S., & Yahmin, Y. (2017). Analisis Miskonsepsi Asam Basa pada Pembelajaran Konvensional dan Dual Situated Learning Model (DSLM). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 385-391.

Irwan, M. Pengaruh Pendekatan Problem Posingmodel Search. penelitian-pendidikan, 25.

Milama, B., Bahriah, E. S., & Mahmudah, A. (2017). The effect of Search, Solve, Create, and Share (SSCS) learning model towards studentââ¬â¢s critical thinking skills. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 3(2), 112-123.

Fitri, I., Agustin, S., Rahmi, D., & Fitraini, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 42-53.

Rahmatika, F., & Alimah, S. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, and Share pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca dan Arthropoda. Journal of Biology Education, 3(3).

Rosawati, E. E. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Pada Materi Ikatan Kimia (Enhancement Studentsââ¬â¢conceptual Understanding Through Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Model in Chemical Bonding Matter). Unesa Journal of Chemical Education, 5(2).

Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. P. 2017. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sari, E., Syamsurizal, S., & Asrial, A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2).

Sijabat, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Pemahaman Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Doctoral dissertation, UNIMED).

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta.

Johari dan Rachmawati. 2009. Kimia SMA dan MA Untuk Kelas XI. Jakarta: ESIS.

Rusdi, M. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Author Biographies

Dewi Wahyuningsih, Universitas Riau

Abdullah Abdullah, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Riau, Indonesia

Herdini Herdini, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Riau, Indonesia

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).