Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Inkuiri Berbantuan Multimedia Pada Materi Perubahan Lingkungan

Authors

Ilham Ilham , Abdul Wahab Jufri , Nur Lestari

DOI:

10.29303/jpm.v15i5.1504

Published:

2020-11-30

Issue:

Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPA

Keywords:

LKPD, Inkuiri, Multimedia, Perubahan lingkungan

Articles

Downloads

How to Cite

Ilham, I., Jufri, A. W., & Lestari, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Inkuiri Berbantuan Multimedia Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 515–520. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1504

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik model inkuiri berbantuan multimedia pada materi perubahan lingkungan. Proses pengembangan dilakukan melalui lima tahap yaitu: (1) Melakukan analisis produk yang akan dikembangkan. (2) Mengembangkan produk awal. (3) Validasi ahli dan revisi. (4) Uji coba lapangan skala kecil dan (5) Revisi dan produk akhir. Data dikumpulkan dengan metode angket untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik. Pengembangan menghasilkan lembar kerja peserta didik model inkuiri berbantuan multimedia pada materi perubahan lingkungan dengan karakteristik meliputi tahapan orientasi masalah, mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, dan membuat kesimpulan serta menggunakan bantuan multimedia. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan skor rata-rata yaitu 3,59 dengan kategori ââ¬Ålayakââ¬Â. Respon dari peserta didik menunjukkan skor rata-rata yaitu 4,50 dengan kategori ââ¬Åsangat baikââ¬Â. Lembar kerja peserta didik model inkuiri berbantuan multimedia pada materi perubahan lingkungan yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar siswa.

References

Uno, H.B. dan Lamatenggo, N. 2016. Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi

Saleh, S. K., & Tahawali, M. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar di MTS Al-Qamariyah Popidolon. Jurnal pendidikan islam al-ilmi, 1(1).

Jufri, A.W. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Pratiwi, D. M., Saputro, S., Saputro, C., & Nugroho, A. (2015). Pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan larutan penyangga kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(2), 32-37.

Sari, Alvina Putri Purnama, and Agil Lepiyanto. "Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis scientific approach siswa sma kelas x pada materi fungi." BIOEDUKASI 7, no. 1 (2016).

Pratiwi, D. M., Saputro, S., Saputro, C., & Nugroho, A. (2015). Pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan larutan penyangga kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(2), 32-37.

Widjajanti, E. (2008, December). Kualitas lembar kerja siswa. In Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 2-5).

Beladina, N., Suyitno, A., & Khusni, K. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran CORE Berbantuan LKPD Terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3).

Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Berpikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33.

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26-40.

Annafi, N. (2016). Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing di MAN 1 Kota Bima. Journal of EST, 2(2), 98-104.

Aslinda, N., Hufri, H., & Amir, H. (2017). Design LKPD Terintegrasi Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Laboratory pada Materi Fluida Dinamis dan Teori Kinetik Gas dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI SMA. Pillar Of Physics Education, 10(1).

Sari, E., Syamsurizal, S., dan Asrial, A. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember, 5(2).

Wahyuningsih, F., Saputro, S., dan Mulyani, S. 2014. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Hidrolis Garam untuk SMA/MA. Paedagogia, 17(1),94-103.

Borg, W. R. dan Gall, M. D. 1983. Education Research: An Introduction. London: Longman, Inc.

Eko, Putro W. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Seprianingsih, D., Jufri, A. W. & Jamaluddin. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing (PPBIT) dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumen Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2).

Sudarmini, Y. Kosim, & Hadiwijaya, A. 2015. Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan LKS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Tinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 1(1).

Anantasari, W., Jufri, A. W., & Hadiwijaya, A. S. 2015. Efektifitas Penggunaan Media Video Berbasis Lingkungan (MVBL) dalam meningkatkan Perilaku Positif Anak Terhadap Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1).

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Hidayat, W., Taufik, M., & Gunawan. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Multimedia terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1).

Umbaryati, Umbaryati. "Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika." In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, pp. 217-225. 2016.

Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Author Biographies

Ilham Ilham, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram

Abdul Wahab Jufri, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram

Nur Lestari, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).