Pengaruh Model Pembelajaran Quantum dengan Bantuan Simulasi PHET Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
DOI:
10.29303/jpm.v15i3.1531Published:
2020-06-26Issue:
Vol. 15 No. 3 (2020): JuniKeywords:
pembelajaran quantum, kemampuan berpikir kritisArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari model pembelajaran quantum dengan bantuan simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment with untreated control group design with pretest and posttest. Populasi penelitian adalah semua siswa pada kelas XI MIA di MAN 2 Mataram. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Tes menggunakan esai sebanyak 5 soal untuk keterampilan berpikir kritis. Nilai rata-rata posttest untuk keterampilan berpikir kritis di kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 73,81 dan 63,41. Pengujian hipotesis penelitian ini adalah MANOVA. Hasil uji MANOVA menunjukkan signifikan 0,043 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh dari model pembelajaran quantum dengan berbantuan simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
References
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Aji, S. D., Hudha, M. N., dan Rismawati, A. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal. 1(1), 36-51.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke 21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Ini Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema ââ¬ÅIsu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21. 1-17.
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is And Why It Counts. Insight Assessment. California: California Academic Press.
Ennis, R. (2011). Critical thinking: Reflection and perspective Part II. Inquiry: Critical thinking across the Disciplines, 26(2), 5-19.
Dewi, A. C., Hapidin, H. dan Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1), 18-29.
Saputro, T., dan Latifah, S. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X MA Nurul Islam Gunung Sari Ulubelu Tanggamus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 1(2), 29-37.
Wena, M. (2014). Strategi Pembelajan Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zahara, S. R., Yusrizal., dan Rahwanto, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Komputer berbasis simulasi Physics Education Technology (PhET) terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3(1), 251-258.
Fithriani, L. H., Halim, A., dan Khaldun, I. (2016). Penggunaan Media Simulasi PhET dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan kalor Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 4(2), 45-52.
Sunni, M. A., Wartono, W., dan Diantoro, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berbantuan PhET terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). Vol. 3, 103-107.
Rahayu, S. (2014). Diktat Statistik Dasar. Mataram: Unram Press.
Yuliati, D.I., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. 2011. Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Peningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 7, 23-27.
Maryam, Kusmiyati, Merta IW., Artayasa IP. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA MAN 2 Mataram. J. Pijar MIPA, Vol. 14 No. 3, 154-161.
Irwanto, A. D. Saputro, E. Rohaeti, and A. K. Prodjosantoso. (2018). Promoting Critical Thinking and Problem Solving Skills of Preservice Elementary Teachers through Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL). International Journal of Instruction, 11(4), 777-794.
Zulkarnain, Andayani Y., Hadisaputra S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Preparing Dong Concluding. J. Pijar MIPA, Vol. 14. No.2, 96-100.
Author Biographies
Siti Aminah, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Aris Doyan, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Hikmawati Hikmawati, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).