Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
10.29303/jpm.v15i1.1558Published:
2020-01-09Issue:
Vol. 15 No. 1 (2020): JanuariKeywords:
Snowball Throwing, Hasil Belajar, Daya Serap, Ketuntasan BelajarArticles
Downloads
Additional Files
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) peserta didik SMPN 23 Mataram tergolong masih rendah. Proporsi peserta didik yang mendapat nilai diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM)ÃÂ adalahÃÂ 42,86%,ÃÂ dan sebanyak 57.14% peserta didik lainnya mendapatkan nilai di bawah KKM,ÃÂ denganÃÂ rata-rataÃÂ nilaiÃÂ 69. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran konvensional yang selama ini diimplementasikan kurangÃÂ mengeksplorasi wawasan, sikap, tidak menarik, membuat peserta didikÃÂ seringÃÂ mengalamiÃÂ kesulitanÃÂ dalam memahamiÃÂ konsepÃÂ karenaÃÂ kurangnya keterlibatanÃÂ peserta didikÃÂ secaraÃÂ aktif mencobakanÃÂ atauÃÂ menelitiÃÂ suatu rancanganÃÂ percobaanÃÂ danÃÂ menarik kesimpulan dan apa yang telah dicobakan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik di SMPN 23 Mataram melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui 2 siklus. Peningkatan hasil belajar ditentukan berdasarkan adanya kenaikan pada rata-rata hasil belajar, pencapaian daya serap dan ketuntasan belajar. Kenaikan mengacu pada perbandingan antara nilai pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meingkatkan hasil belajar IPA peserta didik di SMPN 23 Mataram. Rata-rata hasil belajar meningkat dari 69 (kondisi awal), menjadi 73 (siklus I) dan 78 (siklus II). Peningkatan juga terjadi pada pencapaian daya serap dan ketuntasan belajar. Pencapaian daya serap meningkat dari 69.43% menjadi 73.33% dan 78.33%. Adapaun ketuntasan belajar mengalami peningkatan dari 42.86% menjadi 57.14% dan 85.71%.References
Adhiatmika, MW., Agustina, K., dan Sindu, I.G.P. 2017. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII SMP Negeri 5 Tejakula. KARMAPATI 6(1): 214-223.
Arfini, N.K.B., Suarni, N.K., dan Arini, N.W. 2017. Pengaruh model pembelajaran snowball throwing bermuatan gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD. Mimbar SD 5(2): 1-10.
Awe, E.Y., dan Benge, K. 2017. Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology 1(4): 231-238.
Bakar, A., Dewi, F., dan Syafira. 2017. Analisis keterlaksanaan model attention, relevance, confidence, and satisfaction pada pembelajaran hidrokarbon dan pengaruhnya terhadap kepercayaan diri siswa. J. Indo. Soc. Integ. Chem 9(2): 1-7.
Daulay, U.A., Syarifudin, dan Manurung, B. 2016. Pengaruh Blended Learning Berbasis Edmodo dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Biologi dan Retensi Siswa pada Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Jurnal Pendidikan Biologi 6(1): 260-266.
Dewi, N.L.P.K.T., Tegeh, I.M., dan Suartama, I.K. 2015. Pengaruh model snowball throwing berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar IPA. Journal Edutech 3(1): 1-11.
Hakiki, R.S., Arsyad, M., dan Khaeruddin. 2015. Upaya meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 30 Makassar melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Jurnal Pendidikan Fisika 3(3): 284-294.
Kusyairy, U. 2015. Hubungan antara kematangan emosi dan kepercayaan diri dengan sikap belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas XI IPA SMA negeri 1 Belopa Kab. Luwu. Jurnal Pendidikan Fisika 3(1): 58-61.
Latuperissa, F.B., dan Rumahlatu, D. 2018. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa konsep sistem pernapasan manusia pada kelas XI SMA PGRI 1 Ambon. Biopendix 4(2): 102-108.
Nugroho, B.W. 2016. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif dan Tanggung Jawab Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 37: 1-12.
Pangestika, S. 2018. Hubungan rasa percaya diri dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10: 965-974.
Pransiska, S., Asyhar, R., dan Asrial. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kela VII SMP Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Pada Materi Asam, Basa dan Garam. Edu-Sains 5(2): 27-31.
Sarini, N.K., Sudana, D.N., dan Riastini, P.N. 2018. Hasil Belajar Ipa Kelas IV SD di Gugus II Santalia Melalui Tutor Sebaya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2(2): 94-102.
Sugiartini, N.K., Pudjawan, K., dan Renda, N.T. 2017. Hubungan pola asuh orang tua dan rasa percaya diri terhadap hasil belajar IPA kelas V. Mimbar PGSD 5(2): 1-10.
Sutiani, K., Suarni, N.K., dan Dibia, I.K. 2018. Pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja terhadap hasil belajar IPA. International Journal of Elementary School 2(3): 173-182.
Syahrina, I., Wahyuni, A., dan Susana. 2016. Kemampuan berpikir kritis melalui model snowball throwing terhadap hasil belajar materi fisika pada siswa kelas X1 SMAN 1 Montasik Aceh Besar tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1(4): 256-260.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Wahyuningsih, S.W., Agung, A.A.G., dan Jampel, I.N. 2017. Pengaruh model pembelajaran snowball throwing bermediakan gambar terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas V SDN 1 Sangsit Buleleng. Mimbar PGSD 5(2): 1-10.
Wati, H., Rahardjanto, A., dan Huda, A.M. 2012. Penerapan kerangka rancangan tandur dalam model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPA SMPN 03 Candipuro Lumajang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 1(1): 109-123.
Widiyatmoko, A. dan Pamelasari, S.D. 2012. Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1(1): 51-56.
Author Biographies
Ira Mardiana, Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Mataram
Muhammad Syazali, Program Studi PGSD FKIP Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).