Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Pada Pokok Bahasan Elektrokimia
DOI:
10.29303/jpm.v15i4.1602Published:
2020-09-30Issue:
Vol. 15 No. 4 (2020): SeptemberKeywords:
Pengembangan, Modul, STEMArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian pengembangan modul berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada pokok bahasanelektrokimia ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis STEM pada pokok bahasan elektrokimia kelas XII SMA/MA, mengetahui kevalidan modul berbasis STEM pada pokok bahasan elektrokimia berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, STEM serta kegrafisan, dan mengetahui respon pengguna terhadap produk modul berbasis STEM pada pokok bahasan elektrokimia. Prosedur pengembangan penelitian yang dikembangkan adalah model pengembangan ADDIE (Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Namun penelitian hanya dilakukan hingga tahap Pengembangan. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa modul layak digunakan dengan baik ÃÂ dengan penilaian kelayakan modul oleh para ahli sebesar 90,64%. Untuk respon pengguna modul dapat digunakan dengan baik dengan skor sebesar (88,19% guru dan 94% peserta didik).]
ÃÂ
ÃÂ
References
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Lan-dasan dan Implementasi pada Kurikulum 2013. Jakarta: Prenada Media Group.
Ridwan Abdullah Sani. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menegah atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta
Jufri, A. W., & Hikmawati, H. (2014). Analisis Kemelekan Sains (Science Literacy) Dan Kemelekan Inkuiri (Inquiry Literacy) Guru Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pijar Mipa, 9(1).
Rachmawati, D., Suhery, T., & Anom, K. (2017). Pengembangan modul kimia dasar berbasis STEM problem based learning pada materi laju reaksi untuk mahasiswa program studi pendidikan kimia. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, pp. 239-248).
OECD. (2014). PISA in Focus : What 15 years old know and do with what they know
Pertiwi, R.S., Abbdurahman,. Rosidin, Undang. (2017). Efektifitas LKS STEM Untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Fkip Universitas Lampung.
Muhammad Fatturahman. 2016 . Model-model pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Arruz Me-dia
Depdiknas, (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jendral Manejemen Pendidikan Atas. Jakarta
Riyant0, Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group
Irma Suwarma, Astuti Puji dan Nur Endah. (2015). Ballon Powered Car ââ¬Åsebagai media pembelajaran IPA berbasis STEM (Science Technology Engineering Mathematic). 8 dan 9 Juni 2015. Prosinding Simposium Naisonal Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung
Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project Based Learning Terhadap Kreatifitas Matematis Siswa SMK. Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education. Vol 3 (264-272)
Departement of Education and Skill Ireland. (2017). STEM Education Policy Steatment 2017-2026. Ireland
Khairiyah, N. (2019). Pendekatan STEM Referensi Standar untuk melakukan pembelajaran dikelas agar lebih efektif dan efesien.Medan: Guepedia
Gustiani, I., Widodo, A. , Suwarna, I.R. (2017). Development and Validation of STEM based Instructional Material. MSCEIS 2016.
Kementrian Pendidikan Malaysia. (2016). Panduan Pelaksanan Sains,Teknologi, Kejuruteraan , dan Matematik (STEM ) dalam Pengajaran dan Pembela-jaran. PutraJaya
Utami, TN, Jatmiko, A dan Suherman. (2018). Pengembangan Modul Ma-tematika dengan Pendekatan Science,Technology,Engineering, and Math-ematics (STEM) pada Materi Segiempat. Jurnal Matematika 1(2):165-172. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung
Tung. (2016). Desain Instruksional Perbandingan Model dan Implementasinya. Yogyakarta : PT Andi
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta
Widyoko, EP. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Juniarti, Zubaidah, S. dan Koes, S. (2016). STEM: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Prosinding Seminar Nasional Pendidikan Sarjana Pascasar-jana UM. Vol 1
Syukri, M., Halim, L., Meerah, T. S. M., & FKIP, U. (2013, March). Pendidikan STEM dalam Entrepreneurial Science Thinking ââ¬ËESciTââ¬â¢: Satu Perkongsian Pengalaman dari UKM untuk ACEH. In Aceh Development International Conference (pp. 26-28).
Khoiriyah, N. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi.
Author Biographies
Mega Syahirah, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau
Lenny Anwar, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau
Betty Holiwarni, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).