Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Search, Solve, Create And Share Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam

Authors

Selfia Okta Pichi , Erviyenni Erviyenni , Betty Holiwarni

DOI:

10.29303/jpm.v15i5.1608

Published:

2020-11-30

Issue:

Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPA

Keywords:

Lembar Kegiatan Peserta Didik, SSCS, Model Pengembangan 4-D, Kesetimbangan ion dan pH larutan garam

Articles

Downloads

How to Cite

Pichi, S. O., Erviyenni, E., & Holiwarni, B. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Search, Solve, Create And Share Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 505–508. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1608

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kegitan peserta didik (LKPD) berbasis search, solve, create and share (SSCS) pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan garam untuk kelas XI tingkat SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. Objek penelitian yaitu LKPD berbasis SSCS. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi yang diberikan kepada tiga orang validator dan lembar respon pengguna kepada dua orang guru mata pelajaran kimia dan 20 orang peserta didik kelas XII MIPA SMA dan MA. Teknik analisis data yaitu dengan cara menghitung skor persentase penilaian validasi dan respon pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis SSCS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari aspek penilaian substansi isi, kelayakan karakteristik SSCS, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan dengan persentase skor keseluruhan sebesarà 93,01 %. Respon pengguna berdasarkan lembar tanggapan guru dan tanggapan peserta didik masing-masing memperoleh skor 92,5 % dan 91,43%.

References

Sutarto, H. (2018). Lingkungan dalam pembelajaran dan pengajaran matematika yang memunculkan 4C abyility sebagai penyiapan SDM unggul di era revolusi industri 4.0. Prosiding SENAMKU, 1, 465-476.

Susanti, D., & Risnanosanti, R. (2019, October). Pengembangan buku ajar untuk menumbuhkembangkan kemampuan 4c (critical, creative, collaborative, communicative) melalui model PBL pada pembelajaran biologi di SMP 5 Seluma. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Made Wena. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara. Jakarta.

Andi Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Yogyakarta.

Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Berpikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 90-114.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara. Jakarta.

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189-204.

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68-76.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, DepartemenPendidikanNasional. Jakarta.

Afifah, R. N. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan. Universitas PGRI Yogyakarta.

Kemendikbud.2017. PanduanImplementasiKecakapan Abad-21 Kurikulum 2013 di SekolahMenengahAtas.DirektoratPembinaan SMA DirektoratJenderalPendidikanDasardanMenengah. Jakarta.

Rosa, N. M. (2015). Pengaruh sikap pada mata pelajaran kimia dan konsep diri terhadap prestasi belajar kimia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103-111.

Irwan. 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create And Share (SSCS) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).

Amalia, G. (2019). LKPD Berbasis Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Pada Pembuatan Alat Penjernih Air Sederhana Untuk Membangun Kreativitas Peserta Didik Smp Kelas VII (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

M. Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Amanda Ivana Sanchia dan Ulfi Faizah. 2018. Pengembangan LKPD Berbasis Search, Solve, Create And Share (SSCS) Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Pada Materi Arthropoda Kelas X Sma. Jurnal Riset Biologi Dan Aplikasinya, 1 (1).

Thiagarajan, S., Semmel, D., & S&, S. M.(1974) Instructional Development for training teacher of exceptional children. Source book, Bloominton: Center For innovation on teaching the handicapped.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas. Jakarta.

Author Biographies

Selfia Okta Pichi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Indonesia

Erviyenni Erviyenni, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Indonesia

Betty Holiwarni, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Indonesia

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).