Pengembangan Alat Permainan Edukatif Karambol Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) sebagai Media Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
10.29303/jpm.v15i5.1627Published:
2020-11-30Issue:
Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPAKeywords:
Permainan Edukatif Karambol, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran IPA Sekolah DasarArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Alat bantu pembelajaran sangat diperlukan dalam proses pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi dengan menyenangkan dan bereksplorasi meningkatkan kemampuan berfikir kritisnya. Oleh karena itu peneliti mengembangkan Alat permainan Edukatif Karambol Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis serta belajar sambil bermain.Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan desain penelitian menurut ADDIE dengan tahapan yaitu Analasis (Analisis), Design (desain/merancang), Development (pengembangan), Implementation (implementasi/penerapan), Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis kebutuhan guru dan siswa untuk mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan dilapangan. Penelitian dilakukan di SDN Rejosari 03 Semarang dengan subyek siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kevalidan media dan materi pembelajaran, angket respon guru danÃÂ siswa untuk mengetahui kepraktisan media dan materi pembelajaran, serta soal pretest-postest untuk mengetahui keefektifan media APE Karambol berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) sebagai pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar.ÃÂ Hasil penelitian menunjukkanÃÂ bahwa pengembangan Alat Permainan Edukatif Karambol Berbasis HOTS valid dan praktis serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran IPA sekolah dasar.References
Ningrum, E. (2009). Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1).
Soyomukti, N. (2008). Pendidikan Berperspektif Globalisasi. Ar-Ruzz Media.
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 2012. Bandung: Citra Utara.
Dwi Atmanti, H. (2005). Investasi sumber daya manusia melalui pendidikan. Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP), 2(Nomor 1), 30-39.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.
Suda, I. K. (2016). Pentingnya Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. Universitas Hindu Indonesia.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.
Ulya, A. I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel Berbasis Model 4D Pada Materi Pelajaran Alat Panca Indera Manusia Kelas V di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNNES).
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital, Bogor: Graha Indonesia.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offeset.
Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skill) di sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1-11.
Tjalla, A. (2010). Potret mutu pendidikan indonesia ditinjau dari hasil-hasil studi internasional.
Wijayanti, A., & Mushafanah, Q. (2017). Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Authentic Task untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal UPGRIS, 75-85.
Pambudi, A. B. (2016). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Karambol Cerdas Untuk Pembelajaran IPS Kelas V di SDN Ngentak Bantul Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(5), 1-9.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian: Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosyadakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Author Biographies
Umi Angga Eni, Universitas PGRI Semarang
Arfilia Wijayanti, Universitas PGRI Semarang
Asep Ardiyanto, Universitas PGRI Semarang
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).