Pengembangan LKPD Aplikatif Integratif Berbasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Kesetimbangan Kimia
DOI:
10.29303/jpm.v16i1.1647Published:
2021-01-09Issue:
Vol. 16 No. 1 (2021): Januari 2021Keywords:
Development, aplicative integrative, guided inquiryArticles
Downloads
Additional Files
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang aplikatif integratif berbasis inquiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia untuk kelas XI SMA /MA sederajat. LKPD ini membantu peserta didik mengaitkan materi dengan fenomena alam ataupun kehidupan sehari hari dengan basis inquiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan di SMA N 4 Pekanbaru dan SMA N 15 Pekanbaru. Sebelum diujikan kesekolah LKPD di dinilai kelayakan oleh tim validator. Kelayakan LKPD diujikan pada validator dengan intrument kelayakan yang sudah dirancang. Metodologi penelitian yang digunakan pendekatan ÃÂ ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap penelitian ini adalah tahap penggalian potensi masalah dan perancangan. Skor rata rata validator menunjukkan hasil 93.5% yang berarti layak digunakan. Uji respon guru didapatkan hasil skor rata rata ÃÂ 89.5% dan uji respon peserta didik skor rata rata 90.25% yang berarti LKPD dapat digunakan dalam pembelajaran.
References
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik. Pedadogya: Yogyakarta
Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan sumber belajar. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Al-Fialistyani, D., Andayani, Y., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2020). Literasi Kimia Pada Aspek Kompotensi Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Etnosains. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 537-540.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembalajaran Saintifik kurikulum 2013. Gava Media: Yogyakarta
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta
Nasional, K. P. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta. Direktorat Pembinaan SMA.
Astariana, W., Syafiââ¬â¢i, W., & Sayuti, I. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII SMP dengan Pendekatan Saintifik (Doctoral dissertation, Riau University).
Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta
Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi Sets (Science, Environment, Technology And Society) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 74-78.
Mutmainah, S., & Nurhadi, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Yangaplikatif-Integratif Berbasis Pendekatan Saintifik Development of Applicative-Integrative Student Worksheet Based on Scientific Approach on Reaction Rate Subject. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia UNS, 3(1), 6-12.
Widowati, A., & Anjarsari, P. (2013). Pengembangan Integrated Science Worksheet Berbasis Guided Inquiry Learning dalam Rangka Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 165-175.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D.
Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.
Usman, S., Qodir, Z., & Hasse, J. (2014). Radikalisme Agama di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ilham, I., Jufri, A. W., & Lestari, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Inkuiri Berbantuan Multimedia Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 514-519.
Al-Fialistyani, D., Andayani, Y., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2020). Literasi Kimia Pada Aspek Kompotensi Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Etnosains. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 537-540.
Yasmin, N., Ramdani, A., & Azizah, A. (2015). Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2013/2014. Jurnal pijar MIPA, 10(2).
Author Biographies
Yendro Try Satura, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau Pekanbaru, Indonesia
Abdullah Abdullah, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau Pekanbaru, Indonesia
Radjawali Usman Rery, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas FKIP Universitas Riau Pekanbaru, Indonesia
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).