Pengembangan LKPD Aplikatif Integratif Berbasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Kesetimbangan Kimia

Yendro Try Satura, Abdullah Abdullah, Radjawali Usman Rery

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang aplikatif integratif berbasis inquiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia untuk kelas XI SMA /MA sederajat. LKPD ini membantu peserta didik mengaitkan materi dengan fenomena alam ataupun kehidupan sehari hari dengan basis inquiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan di SMA N 4 Pekanbaru dan SMA N 15 Pekanbaru. Sebelum diujikan kesekolah LKPD di dinilai kelayakan oleh tim validator. Kelayakan LKPD diujikan pada validator dengan intrument kelayakan yang sudah dirancang. Metodologi penelitian yang digunakan pendekatan  ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap penelitian ini adalah tahap penggalian potensi masalah dan perancangan. Skor rata rata validator menunjukkan hasil 93.5% yang berarti layak digunakan. Uji respon guru didapatkan hasil skor rata rata  89.5% dan uji respon peserta didik skor rata rata 90.25% yang berarti LKPD dapat digunakan dalam pembelajaran.

Keywords

Development, aplicative integrative, guided inquiry

Full Text:

PDF

References

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik. Pedadogya: Yogyakarta

Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan sumber belajar. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Al-Fialistyani, D., Andayani, Y., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2020). Literasi Kimia Pada Aspek Kompotensi Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Etnosains. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 537-540.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembalajaran Saintifik kurikulum 2013. Gava Media: Yogyakarta

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Nasional, K. P. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta. Direktorat Pembinaan SMA.

Astariana, W., Syafi’i, W., & Sayuti, I. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII SMP dengan Pendekatan Saintifik (Doctoral dissertation, Riau University).

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta

Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi Sets (Science, Environment, Technology And Society) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 74-78.

Mutmainah, S., & Nurhadi, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Yangaplikatif-Integratif Berbasis Pendekatan Saintifik Development of Applicative-Integrative Student Worksheet Based on Scientific Approach on Reaction Rate Subject. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia UNS, 3(1), 6-12.

Widowati, A., & Anjarsari, P. (2013). Pengembangan Integrated Science Worksheet Berbasis Guided Inquiry Learning dalam Rangka Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 165-175.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D.

Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.

Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Usman, S., Qodir, Z., & Hasse, J. (2014). Radikalisme Agama di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ilham, I., Jufri, A. W., & Lestari, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Inkuiri Berbantuan Multimedia Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 514-519.

Al-Fialistyani, D., Andayani, Y., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2020). Literasi Kimia Pada Aspek Kompotensi Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Etnosains. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 537-540.

Yasmin, N., Ramdani, A., & Azizah, A. (2015). Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2013/2014. Jurnal pijar MIPA, 10(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.