Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA
DOI:
10.29303/jpm.v15i4.1653Published:
2020-09-30Issue:
Vol. 15 No. 4 (2020): SeptemberKeywords:
Model Pembelajaran POE, Penguasaan KonsepArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penguasaaan konsep IPA siswa SMPN 2 Kayangan masih tergolong rendah. Rendahnya penguasaan konsep IPA siswa disebabkan karena pembelajaran IPA cenderung masih berpusat pada guru (teacher centered learning). Solusinya adalah menggunakan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) yang mampu ÃÂ meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) dalam meningkatan penguasaan konsep IPA siswa kelas VII SMPN 2 Kayangan. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalence Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kayangan tahun 2019. Pengambilan ÃÂ sampel ÃÂ dilakukan ÃÂ dengan Purposive Sampling sehingga didapatkan kelas VII1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu tes penguasaan konsep berupa soal pilihan ganda. Model pembelajaran POE dan konvensional kedua-duanya dapat efektif meningkatkan penguasaan konsep IPA kelas VII di SMPN 2 Kayangan, akan tetapi peningkatan nilai rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen yang menggunakan model POE lebih tinggi (0.8) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional (0.6).ÃÂReferences
Atriyanti, Y. dan Hadisaputro, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran POE Untuk Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Dasar Siswa. Chemistry In Education. 4 (1): 2252-6978.
Crey, S. (1986). Cognitive Science and Science Education. American Psychologist. 41(10): 1123-1130.
Jannah, S.N., Doyan, A dan Harjono, A.(2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Problem Posing Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMK. Journal Penelitian Pendidikan IPA. 2(1).
Joyce, C., & Predict, O. (2013). Explain (POE). 2006. Accessed online http://arb. nzcer. org. nz/strategies/poe. ph p.
Maesyarah., Jufri, A.W dan Kusmiyati. (2015). Analisis Penguasaan Konsep dan Miskonsepsi Biologi dengan Teknik Modification Certainity of Response Index pada Siswa SMP Se-Kota Sumbawa Besar. Jurnal Pijar MIPA.10 (1): 1-6.
Ndraka, T. (1985). Teori Metodologi Administrasi. Jakarta: Bina Aksara.
Nuramelia. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Permendiknas, (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Rahayu, S.A.T, Widodo dan Sudarmin. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model POE Berbantuan Media ââ¬ÅI Am A Scientistââ¬Â. Innovative Journal Of Curriculum And Educational Technology. 2(1): 129-133.
Rahayu, P. (2015). Penerapan Strategi POE (Predict-Observe-explain) Dengan Metode Learning Journals Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Susilawati, Susilawati dan Sridana, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Sains Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Journal Penelitian Pendidikan IPA. 1(2).
Wahyuni, S., Kosim dan Gunawan. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. J. Pijar MIPA. 4(2).
Widyaningrum, R., Sarwanto dan Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi. 6 (1):100-117.
Author Biographies
Siti Fatimatuzzohrah, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram
A Wahab Jufri, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram
I Wayan Mertha, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).