Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mata Pelajaran Lintas Minat

Authors

Mohammad Liwa Ilhamdi , Didik Santoso , Sri Prapti Astuti

DOI:

10.29303/jpm.v15i2.1699

Published:

2020-03-01

Issue:

Vol. 15 No. 2 (2020): Maret

Keywords:

Metode problem based learning, hasil belajar, Biologi

Articles

Downloads

How to Cite

Ilhamdi, M. L., Santoso, D., & Astuti, S. P. (2020). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mata Pelajaran Lintas Minat. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 135–139. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1699

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X IPS Unggulan àtahun 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). àVariabel tindakan dalam penelitian ini adalah metode problem based learning sedangkan variabel harapannya adalah hasil belajar biologi. àSubyekà dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS Unggulan MAN 2 Mataram berjumlah 37 orang. Penelitian berlangsung 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah àlembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I àkegiatan àpembelajaran problem based learning yang dilakukan guru memperoleh skor 12 kategori cukup baik, aktivitas siswa kategori cukup aktif sedangkan ketuntasan belajar klasikal 78,3% kategori belum memenuhi KKM. Pada siklus ke II skor kegiatan àguru memperoleh skor 17 àkategori baik, aktivitas siswa memperoleh skor 13 kategori aktif dan ketuntasan klasikal 86%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X IPS Unggulan MAN 2 Mataram tahun pelajaran 2018-2019.

References

Sanjaya Wina. 2005. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan . Jakarta: Kencana Media Group

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Ilhamdi, M. L., & Mertha, I. G. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dalam Pembelajaran Biologi Umum. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 20-26.

Ilhamdi, M. L. (2012). Model Pembelajaran Berbasis Peta Konsep Dan Handout Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas I SMPN 4 Lingsar Lombok Barat. Jurnal PIJAR, 2(1).

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: teori dan praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Utomo, T., W., Dwi., dan H. Slameto. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumber Malang Kabupaten Sitobondo Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal edukasi Unej 1 (1).

Subandiyah, D. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Edukasi 2 (1).

Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan strategi kooperatif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah dan hasil belajar kognitif biologi ditinjau dari kemampuan akademik awal siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 8(2).

Wahyuni, D., S., Suciati., dan Sugiyarto. 2016, Efektivitas Impelementasi Pembelajaran Model Problem Based Learning Dintegrasikan dengan Predict-Observe-Explain Terhadap Prestasi Belajar Sisw ditinjau Dari Kreativitas dan Kemampuan Infrensi Siswa. Jurnal Bioedukasi 7 (1). (Online):, Diakses 2 Oktober 2018.

Jufri, A. W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas: Antara Teori Dan Praktek. Jurnal Pijar Mipa, 5(2).

Wardani, 2007. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memepengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Magdalena, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun Ajaran 2015. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 299-306).

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.

Author Biographies

Mohammad Liwa Ilhamdi, Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram

Didik Santoso, Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram

Sri Prapti Astuti, MAN 2 Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.