Analisis keterampilan proses sains siswa SMA melalui model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat

Authors

Minasari Minasari , Saprizal Hadisaputra , Dadi Setiadi

DOI:

10.29303/jpm.v15i3.1888

Published:

2020-06-07

Issue:

Vol. 15 No. 3 (2020): Juni

Keywords:

Pembelajaran Penemu, Sains Teknologi Masyarakat, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep.

Articles

Downloads

How to Cite

Minasari, M., Hadisaputra, S., & Setiadi, D. (2020). Analisis keterampilan proses sains siswa SMA melalui model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 234–239. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1888

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat terhadap keterampilan proses sains didik pada materi asam basa dan garam. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh satu kelas sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 orang dan satu kelas sebagai kelas kontrol sebanyak 34 orang. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Mataram Lombok Indonesia pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data keterampilan proses sains diperoleh berdasarkan hasil observasi.à Hasil nilai keterampilan proses sains diperoleh nilai rata-rata rata kelas eksperimen sebesar 72 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 61. Hasil uji hipotesis untuk keterampilan proses sains peserta didik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai F sebesar 33,73 pada signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat àterhadap keterampilan proses sains.

References

Asni, A., Wildan, W., & Hadisaputra, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon. Chemistry Education Practice, 3(1), 17-22.

Andayani, Y., Zulkarnain, Z., & Hadisaputra, S. (2020). Promoting critical thinking skills of chemistry learning students using preparing doing concluding (PDC) learning models. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, p. 042116).

Hakim, A., Sahmadesti, I., & Hadisaputra, S. (2020). Promoting studentsââ¬â¢ argumentation skill through development science teaching materials based on guided inquiry models. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, p. 042117).

Hidayatussani, H., Hadisaputra, S., & Al-Idrus, S. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Etnokimia Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas Xi Di MA Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari. Chemistry Education Practice, 3(1), 34-40.

Izzatunnisa., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa,14 (2). 49 ââ¬â 54

Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Al Idrus, S. W. (2017). Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(1).

Qomaliyah, E. N., Sukib, S., & Loka, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Pijar Mipa, 11(2). 105-109

Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Al Idrus, S. W. (2018). Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Lombok Barat Indonesia. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 24-31.

Mirnawati. & Rusdiana, D. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Discovery untuk Mengembangkan Keterampilan Dasar Bekerja Ilmiah pada Materi Indera Penglihatan dan Alat Optik. Edusains, 8(2). 136-144

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Maharani, R., Taufik, M., Ayub, S., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Bantuan Media Tiga Dimensi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1). 113-118.

Ishak, M., Jekti, D. S. D., & Sridana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SDN 13 Ampenan. Jurnal Pijar Mipa, 12(1). 15-20

Dwianto, A., Wilujeng, I., Prasetyo, Z. K., & Suryadarma, I. G. (2017). The Development of Science Domain Based Learning Tool Which is Integrated with Local Wisdom to Improve Science Process Skill and Scientific Attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1). 23-31

Maulida, T., Susilawati., & Makhrus, M. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Praktikum Usaha dan Energi terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 14 (3). 118-122

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN

Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 33-39.

Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Inkuiri Terintegrasi SETS (Science, Environment, Technology And Society) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pijar Mipa, 13(3). 74-78

Lestari, H., Ayub, S., & Hikmawati, H. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3). 111-115

Saridewi, N., Suryadi, j., & Hikmah, N. (2017). The Implementation of Discovery Learning Method to Increase Learning Outcomes and Motivation of Student in Senior High School. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 3(2). 124-133

Yusuf, M., & Wulan, A., R. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan KPS Siswa. Edusains, 8(1). 48-56

Wicaksono, M., S., R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Getaran Harmonis Sederhana di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya. 2-6

Ilmi, A., N., A., Indrowati, M., & Probosari. M., R. (2012). The Influence of Guided Discovery Learning Methods Toward Science Skill Process in Class X of SMA Negeri 1 Teras Boyolali in Academic Year 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4(2). 44-52

Handayani, B., T., Arifudin, M., & Misbah. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Model Guided Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3)

Samudera, W., Wildan, W., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019, December). Development of Chemistry Learning Intruments Based on Reading Questiong And Answering Strategy Mixed With Creative Problem Solving. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012002). IOP Publishing.

Khabibah, E. N., Masykuri, M., & Maridi. (2017). The Effectiveness of Module Based on Discovery Learning to Increase Generic Science Skills. Journal of Education and Learning, 11(2). 146-153

Aisyah. Dwiningsih, K. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non elektrolit. Journal of Chemical Education, 6(2), 329-333

Aktamis, H., Ergin, O. 2008. The Effect of Scientific Process Skills Education on Studentââ¬â¢s Scientific Creativity, Science Attitudes, and Academic Achievments. Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching. 9(1)

Ramandha, M. E. P., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2018, October). An analysis of critical thinking skills among students studying chemistry using guided inquiry models. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2021, No. 1, p. 080007). AIP Publishing LLC.

Zakrah, Z., Lestari, N., & Kusmiyati, K. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Pijar Mipa, 10(2), 57-63

Andayani, Y., Hadisaputra, S., & Hasnawati, H. (2018, September). Analysis of the Level of Conceptual Understanding. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1095, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Putrayasa, I., M., Syahruddin, H., & Margunayasa, G.,I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1)

Author Biographies

Minasari Minasari, Universitas Mataram

Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram, Indonesia

Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia

Dadi Setiadi, Program Studi Pendidikan Biologi, jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia

pendidikan Biologi

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).